Foto: Viva

Nawacitapost.com – Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyelenggaraan Pemilu terus dikebut oleh DPR dan Pemerintah. Hingga Sabtu (3/6) dini hari kemarin, Tim Perumus (Timus) dan Tim Sinkronisasi (Timsin) RUU Penyelenggaraan Pemilu telah berhasil menyelesaikan pembahasan 3.055 daftar inventarisasi masalah (DIM).

Direktur Politik Dalam Negeri Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar mengatakan, hasil pembahasan Timus dan Timsin itu selanjutnya akan dilaporkan kepada Panitia Khusus (Pansus) dan Panitia Kerja (Panja) RUU Pemilu DPR.

“Tinggal dilaporkan kembali ke Pansus dan Panja untuk putuskan isu-isu krusial yang tersisa dan penghalusan rumusan,” kata Bahtiar kepada wartawan di Jakarta, Minggu (4/6/2017) malam, dikutip dari zonalima.com

Terpisah, Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD) August Mellaz mengatakan, salah satu kunci sukses pembahasan RUU Pemilu adalah bila DPR sepakat mengganti metode konversi suara Kuota Hare yang telah lama ditinggalkan sejumlah negara di dunia, seperti Amerika Serikat dan Jerman.

Pasalnya, metode konversi ini tidak memberikan jaminan keadilan dan kesetaraan perolehan suara-kursi bagi setiap partai politik (parpol). Belajar dari pengalaman Pemilu 2014, ada kesenjangan batas perolehan suara untuk sebuah kursi DPR yang terpaut cukup jauh antara satu parpol dengan parpol lainnya di suatu daerah pemilihan (dapil). Di sisi lain, lanjutnya, metode Kuota Hare memunculkan paradoks penghitungan.

Solusi yang dapat dipilih DPR, lanjutnya, yakni mengganti metode Kuota Hare dengan metode Divisor Sainte Lague yang lebih menjamin adanya keadilan dan kesetaraan konversi suara ke kursi.

“Pembahasan RUU Pemilu bisa dikatakan sukses bila DPR sepakat mengganti metode Kuota Hare yang memang sudah lama ditinggalkan oleh sejumlah negara demokrasi di dunia,” ujarnya. (hadi)

Baca juga :  Pengamat Politik : Figur Amien Rais Tidak Jamin Mendongkrak Caleg Partai Ummat di Pemilu 2024

 

 

Comments are closed.