Pertama di Aceh, Besok, Jokowi Resmikan Tol Sigli-Banda Aceh

0
79
Presiden Jokowi bersama unsur terkait menekan sirine tanda dimulainya pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Jumat (14/12). (Foto: BPMI)

Jakarta NAWACITA – Ruas jalan tol pertama di Aceh akan diresmikan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan pembangunan (groundbreaking) Tol Sigli-Banda Aceh tersebut, Jumat besok (14/12).

Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan pembangunan jalan tol pertama di Aceh, Jumat 14 Desember 2018 Aceh.

“Malam nanti saya ke Aceh sama Pak Presiden untuk dimulai pengerjaan (tol) Aceh. Dari sini (Sumatera Barat) langsung berangkat ke Aceh,” ujarnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat berada di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (13/12).

Basuki menjelaskan,
jalan tol Trans Sumatera ini akan menyambung ke Medan, Sumatera Utara. Basuki mengatakan, pengerjaan Tol Trans Sumatera masih terus dikebut. Hingga kini yang telah rampung sepanjang 350 Kilometer, dari Palembang-Lampung.

Setelah Palembang-Lampung, kata Basuki, fokus pengerjaan Tol Trans Sumatera akan dimulai dari Aceh ke Medan.

“Tol Trans Sumatera nanti mudah-mudahan pertengahan tahun 2019. (Sekarang) baru Lampung-Palembang 350 KM,” ujarnya.

Sedangkan tol Trans Jawa, menurut Basuki, bisa digunakan saat mudik Natal dan Tahun Baru. Bahkan, kata dia, Tol Trans Jawa ditarget selesai pada 20 Desember 2018 mendatang.

“Kalau Tol Trans Jawa sudah bisa dipakai untuk mudik Natal dan Tahun Baru. Menunggu Pak Presiden nanti yang resmikan, nunggu jadwal beliau,” kata Basuki.

Agenda Jokowi meresmikan tol Aceh besok, Jumat (14/12) dibenarkan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra Armawidjaja.

“Groundbreaking Banda Aceh-Sigli. Jumat,” kata lewat pesan singkat.

Untuk diketahui, Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) diteken pada 20 Agustus 2018 lalu. Pembangunan tol ini dilakukan oleh PT Hutama Karya (Persero).

PPJT itu menindaklanjuti Surat Menteri PUPERA kepada HK nomor JL.03.04-Mn/937 tanggal 18 Juli 2018 perihal Penetapan Rencana Usaha Pengusahaan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh.

Tol Sigli-Banda Aceh membentang sepanjang 74 km. Tol ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera.

Tinggalkan Balasan