Peringati Hari Pahlawan, Presiden Jokowi Tabur Bunga di TMP Cikutra Bandung

0
39
Presiden Jokowi saat melaksanakan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). (Foto: Humas/Agung)

 

Bandung, NAWACITA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11).

Dimulai pada pukul 08.10 wib, Acara diawali dengan bunyian sirine selama 1 menit dan mengheningkan cipta.

Tanggal 10 November dijadikan sebagai hari penghormatan kepada para pahlawan bangsa diseluruh tanah Air. Hari ini ditetapkan sebagai hari pahlawan mengingat salah satu peristiwa besar di Surabaya pada tanggal tersebut.

Presiden Jokowi meletakkan karangan bunga di TMP Cikutra dan acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama.

Usai upacara, Presiden Jokowi melaksanakan tabur bunga kepada para pahlawan nasional yang dimakamkan di TMP Cikutra.

Adapun para Pahlawan bangsa yang dimakamkan di TMP Cikutra di antaranya, Nurtanio Pringgoadisurdjo, Laksamana Muda Udara, Korps Penerbang, Komodor Sulaiman, Gugur menjalankan tugas ke Tasikmalaya dalam rangka peresmian uji coba roket di pabrik Dahana, pesawat yang ditumpanginya jatuh di Kiaracondong Bandung, namanya diabadikan menjadi Pangkalan Udara Sulaiman Bandung.

Dr. Setiabudi Danudirdja/Douwes Dekker, salah satu pahlawan 3 serangkai, Prof. Dr. Moestopo, dikenal sebagai Pejuang Kemerdekaan dan Pendidik, HR. Moh. Yogie S. Memet, mantan Pangdam III/Siliwangi, Gubernur ke-11 Provinsi Jawa Barat, dan Menteri Dalam Negeri.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan kali ini Mensos Agus Gumiwang, Seskab Pramono Anung, Menperin Airlangga Hartarto, KSP Moeldoko, Menag Lukman Hakim Saifuddin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Staf TNI, dan Gubernur Provinsi Jabar Ridwan Kamil.

 

 

 

(Red: Bee, sumber Setkab)

Tinggalkan Balasan