Penyebab Amblesnya Jalan Gubeng Surabaya Masih Diselidiki

0
37

Suravaya – NAWACITA – Warga Kota Surabaya Jawa Timur dihebohkan dengan amblesnya Jalan Gubeng pada Selasa (18/12) malam. Kejadian ini pun langsung mendapat perhatian apaarat setempat. Jalan Raya Gubeng yang merupakan jalan protokol di Surabaya itu tiba-tiba ambles lebih dari 15 meter. Akibat ambles, lalu lintas di wilayah perkotaan itu terputus.

Dalam keterangannya kepada awak media, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, terkait kejadian ini, polisi telah meminta keterangan tiga orang saksi. Tiga orang tersebut, kata Kapolda, adalah pekerja proyek basement bawah tanah yang lokasinya berdekatan dengan lokasi. Sebab, menurut Luki penyebab kejadian itu diduga karena proyek tersebut.

“Tiga (orang) yang sudah kita amankan dari pekerja, dan saat ini sudah kami interogasi,” kata Luki saat meninjau lokasi, Rabu (19/12) dini hari.

Pihak lain yang akan diminta keterangan adalah pimpinan kontraktor proyek pengerjaan basement, yakni Direktur PT Nusa Engineering Kontruksi.

“Besok (hari ini) jam 9 akan datang ke sini atas nama direkturnya inisial D,” kata Luki.

Tak hanya itu, sejumlah bukti laporan kegiatan pembangunan proyek basement tersebut juga sudah di tangan polisi.

“Kami barusan mengambil bukti-bukti di laporan-laporan mutasi, laporan-laporan kegiatan harian yang tadi kami lihat sementara,” katanya.

Polda Jawa Timur juga bakal mengundang ahli geologi dari Jakarta, untuk memberikan pandangannya terkait kejadian ini. Bersama jajaran yang lain, kata Luko, saat ini sedang melakukan upaya evakuasi jalur dan rumah-rumah yang ada di sekitar lokasi amblesan tersebut.

Luki juga mengaku belum bisa memastikan terdapat korban jiwa dalam kejadian itu. Ia hanya menyebut, di lokasi amblasan terdapat sejumlah alat berat dan mobil.

“Di lokasi diperkirakan ada dua alat berat yang tertimbun dan 1 mobil yang dalam posisi ditinggal,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bapeko) Surabaya Ery Cahyadi menduga amblasnya Jalan Raya Gubeng murni kesalahan pengerjaan proyek di sekitar lokasi. Menurut Ery, di sekitar lokasi memang terdapat proyek pembangunan basement berukuran besar. Saat ini proyek itu sedang dikerjakan di gedung yang ada tepat di samping jalan yang amblas.

“Dugaan sementara kami, karena pengerjaan proyek basement,” kata Ery kepada awak media.

Ia juga membantah spekulasi yang menyebutkan jika amblasan tanah ini disebabkan karena faktor alam.

Jalan Raya Gubeng Surabaya amblas sekitar pukul 21.45 WIB. Saksi mata mengatakan, kejadian itu diawali suara gemuruh.

Sementara Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana menyampaikan keterangan resminya terkait penyebab Jalan Gubeng di Kota Surabaya ambles, adalah terkait proyek RS Siloam dekat lokasi kejadian.

“Terkait pembangunan proyek di sisi jalan, proyek Siloam,” kata Wisnu

Situasi saat ini terpantau, petugas memasang pengaman seng sekitar 10 meter dari lokasi tanah ambles, di Jalan Gubeng Surabaya, tepatnya di titik jalan yang mendadak ambles tersebut, ada juga pagar pembatas sekitar 30 meter.
Salah satu petugas Satpol PP setempat menuturkan, pemasangan itu agar warga tidak mendekat ke jalan yang mengaga sekitar 8 meter dengan kedalaman kurang lebih 15 meter itu.
Mulai Rabu pagi (19/12), dikonsentrasikan di Jalan Sulawesi, yang selama ini satu arah diberlakukan dua arah.

Tinggalkan Balasan