Pemprov Jatim Akan Gelar Perekrutan 2.176 Formasi CPNS  

0
13

Surabaya, NAWACITA– Tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru sebanyak 2.176 formasi. Saat ini usulan rekrutmen telah disampaikan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur Anom Surahno mengatakan, formasi sebanyak 2.176 tersebut terbagi atas beberapa formasi antara lain tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan administrator. “Tenaga kesehatan paling banyak, 60 persen,” katanya.

Anom memperkirakan, rekrutmen CPNS baru akan dilaksanakan pada Agustus 2019 mendatang. Namun, pihaknya masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. “Kami masih menunggu jawaban, infonya pendaftaran Agustus,” kata mantan wartawan ini di Surabaya, Kamis (11/7).

Anom menjelaskan, usulan rekrutmen ASN ini disampaikan ke Kemenpan-RB karena ada banyak pegawai di lingkungan Pemprov Jatim yang pensiun. Pada tahun ini, sebanyak 2.176 orang pegawai pemprov yang pensiun.

“Kami usulkan formasi juga 2.176. Tapi belum tahu yang disetujui nanti berapa formasi. Kalau tahun 2018 lalu, dari 2.242 pegawai yang pensiun, berhasil dipenuhi formasi sebanyak 1.974 pegawai,” katanya.
Prinsipnya, kata Anom, Pemprov Jatim memberlakukan ketentuan zero growth seperti arahan pemerintah pusat. Artinya, tidak boleh menambah pegawai, tapi hanya mengganti pegawai yang pensiun.

Selain ASN, Anom juga mengaku mengusulkan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau non-CPNS). Jumlahnya 996 formasi yang terdiri atas 888 formasi guru dan 88 penyuluh pertanian.

“Ini (rekrutmen PPPK) untuk memenuhi amanat dari PP Nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen PPPK,” katanya.

 

Tinggalkan Balasan