Pengusaha Apresiasi Kerja Keras Menteri BUMN Selaku Ketua KPCPEN Dalam Pengadaan Vaksin Covid-19

0
349
Sarman Simanjorang, Ketua Umum DPD HIPPI Provinsi DKI Jakarta, danWakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta

Jakarta, NAWACITAPOST- Upaya dan kerja keras yang dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Tohir selaku  Ketua Komite  Penanganan  Covid-19  dan  Pemulihan  Ekonomi Nasional   (KPCPEN)  patut diacungkang  jempol  untuk memerangi Covid-19  dan memulihkan perekonomian ditengah ketidak pastian dampak pandemic Covid-19.

Baca Juga : Menteri BUMN Rombak Direksi PLN, Suahasil Nazara Jadi Wakil Komisaris Utama

Kahadiran Vaksin covid 19 menjadi angin segar dan secercah harapan untuk memberikan garansi ketidakpastian ini kepada dunia usaha. Kehadiran vaksin ini sangat dinanti nantikan oleh masyarakat Indonesia terlebih kami pelaku usaha, enam bulan ekonomi kita stagnan, gelombang PHK sesuatu yang tidak dapat dielakkan, UMKM  banyak yang tumbang, sumber pendapatan masyarakat menurun drastis membuat  daya beli masyarakat merosot yang akhirnya membawa pertumbuhan  ekonomi  kita kuartal II-2020 terkontraksi minus 5,32% dan kuartal III-2020 diproyeksi tetap terkontraksi minus 2,9 persen hingga minus 1,1 persen dengan demikian kita akan  memasuki resesi.

Dalam beberapa kesempatan kami menyampaikan bahwa pengusaha tidak khawatir dengan resesi, yang dikawatirkan jika pandemic covid 19 ini berkepanjangan maka pengusaha akan bertumbangan dan akan menimbulkan masalah sosial dan berpotensi kita memasuki depresi ekonomi. Tapi jika Vaksin ini bisa segera direalisasikan maka  pasar akan merespon positif, psikologi pengusaha dan masyarakat akan optimis menuju pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2020 yang positif.

Dibawah koordinasi pak Erick Tohir berbagai langkah strategis lintas kementerian/lembaga, terutama dengan Kementerian Kesehatan dan pemerintah    daerah terus dilakukan untuk penanganan dan mengantisipasi meluasnya dampak pandemi.

Mulai dari penambahan kemampuan testing spesimen, menyiapkan dan menambah kesediaan tempat tidur di rumah sakit serta ruang isolasi, meningkatkan standardisasi    penanganan kasus dan pasokan obat terapi penyembuhan, hingga percepatan ketersediaan vaksin Covid-19 suatu kerja keras yang luar biasa yang patut kita hargai dan support.

Pengusaha mendoakan agar berbagai usaha,upaya dan perjuangan pemerintah melalui ketua KPCPEN Erick Tohir agar vaksinasi ini segera dimulai. Termasuk penjajakan kerjasama dengan Kimia Farma dengan G42, Genexine, CanSino, dan Astra Zeneca,Pfizer, Johnson & Johnson, dan Novafax melengkapi kerjasama Biofarma dengan Sinovac yang sudah direalisasikan lebih dulu.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan  ada jaminan akan kecepatan, ketersediaan, dan pengiriman vaksin untuk menyegerakan ketersediaan vaksin tentu dengan harga yang terjangkau.

Jika mengangdalkan kesadaran masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan akan memakan waktu yang panjang, maka vaksin ini adalah yang paling ampuh. Lebih cepat vaksinasi covid 19 akan lebih baik,itu harapan pengusaha, Dan kami usulkan agar program vaksinasi ini dimulai dari daerah yang masuk zona merah dan menjadi barometer pertumbuhan perekonomian seperti DKI Jakarta dan sekitarnya, Jatim, Jabar, Jateng, Sulsel dll.

Namun diatas semua itu yang sangat dibutuhkan adalah kebersamaan, kekompakan, persatuan dan kesatuan kita semua untuk Bersatu melawan Covid 19 untuk memulihkan perekonomian nasional dengan konsisten melaksanakan protokol kesehatan. Mempersempit perbedaan, memperluas persamaan untuk mempercepat Indonesia keluar dari resesi ekonomi.

SARMAN SIMANJORANG

  • Ketua Umum DPD HIPPI Provinsi DKI Jakarta
  • Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta