Rocky Gerung si Mulut Garong

377
24500
Rocky Gerung si Mulut Garong

Jakarta, NAWACITA – Kiprah Rocky Gerung yang mulai menyembunyikan diri dibalik selimut kepalsuan bibir sejak kekalahan jagoannya dalam pilpres beberapa waktu yang lalu, kembali muncul ke publik dengan nada-nada provokatif untuk kembali mencari panggung.

Siapa yang tidak kenal Rocky Gerung yang menobatkan dirinya sendiri sebagai seorang filsuf (pecinta kebijaksanaan) yang mengusung idiom #akalsehat untuk membuktikan eksistensi dirinya. Sesungguhnya, dalam pelbagai orasi ilmiah saat berbicara tentang filsafat, Rocky Gerung sangat terkait dengan paham sinisme Diogenes dari Snope yang menganut hidup dan berperilaku antitesa terhadap realitas yang ada.

Baca Juga: Jihad Prof. Yasonna Laoly dalam RUU KUHP

Kaum sinisme layaknya Rocky Gerung sesungguhnya tidak pernah menjadi mazhab filsafat formal; juga, tidak pernah mempunyai, dan tidak pernah dapat memiliki, bangunan sekolah filsafat secara fisik; demikian juga tidak akan pernah memiliki doktrin filsafat. Tetapi para “filsuf” yang menganut aliran ini meyakini bahwa Sinisme memuat semacam proyek filsafat. Plato menjulukinya aliran ini sebagai “Socrates yang gila”

Kata-kata seperti sinis, sinisme, mempunyai konotasi negatif (peyoratif) terhadap kemurungan, pesimisme, keraguan, peremehan; penghinaan terhadp pendapat orang lain; tidak yakin akan hal-hal ideal dan kemanusiaan. Sinisme juga dianggap sebagai suatu keyakinan bahwa manusia melulu terpusat pada diri sendiri, munafik, tidak tulus, dan hanya baik kepada diri sendiri.

Sebagai penganut perilaku pragmatis dalam mencapai tujuan, Rocky mengabaikan tahapan-tahapan berpikir formal dan menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuan berpikit. Bagi penganut sinisme, tidak ada satupun hal yang patut dibanggakan. Bagi mereka semua adalah masalah dan dari masalah mereka berusahan untuk tetap membangun eksistensinya. Inilah ciri khas sinisme sejati. Hal yang sama juga berlaku pada Rocky yang memang setengah matang dalam mempelajari filsafat. Ibarat daging setengah matang, yang tempatnya layak di tong sampah.

Kali ini Rocky dengan sengaja membuat status kontroversial di Medsos (twitter) dengan menghina secara personal tokoh marga Nias bermarga Laoli. Dalam ciutannya, Rocky mengatakan “Aku punya anjing kecil kuberi nama laoli, dia senang bermain-main harun namanya. Laoli kemarin gug gug gug! #AkalSehat @RGFansclub2019.

Terlepas dari sikap kritis yang didewakan oleh Rocky Gerung, Rocky harusnya sadar bahwa dia telah membelakangi sebuah keadaban timur yang sarat dengan kesantunan dalam berpikir dan bertindak. Rocky Gerung seolah berada di dunia lain di luar NKRI.

Gelar prof yang ditabalkan oleh pendukungnya dan ditelan bulat-bulat oleh si Rocky merupakan sebuah antitesa berpikir yang mengundang pertanyaan mendalam, siapakah Rocky Gerung sang Pendaki tangga sosial media itu?

Baca Juga: Romantika Surga yang Memabukkan

Dari beberapa narasi pemberitaan media yang mengulas sosok Gerung, dia tidaklah lebih dari sosok seorang garong yang jago mencuap-cuap soal fakta yang ada. Isu-isu sentral menjadi santapan si garong gerung yang memang ahli dalam merangkai kata dan memiskinkan peran #akalsehat sebagai tag kebenaran yang ia promosikan.

Sikap antitesa berpikir yang ditunjukkan oleh si Gerung yang Garong menciderai prinsip-prinsip berpikir lurus dalam filsafat yang mengedepankan kebijaksaan dalam berpikir dan bertindak. Gerung tidak lebih sebagai “pemerkosa” ilmu filsafat dalam arti yang sesungguhnya.

Sebagai pengagum sinisme dalam bertindak, Gerung lihai memanfaatkan situasi tersebut untuk menarik simpati publik yang memang pada hakikatnya masih berjuang untuk bertahan hidup dari-hari ke hari. Dan Gerung menari-nari di atas euforia itu dengan menciptakan konsep-konsep berpikir terbalik layaknya kampret yang diduga penyebab utama virus corona.

Pernyataan terbuka Gerung dalam tweetnya terhadap marga atau kelompok suku di Nusantara (Khususnya Suku Nias) merupakan sebuah pernyataan sikap terbuka Gerung yang memang sudah hilang rasa kemanusiaannya dalam menyalurkan hasrat kebenciannya pada person yang ia tidak sukai dengan menggeneralisir pernyataan sikapnya. Hal ini bukanlah sebuah metodologi dalam filsafat dalam mencerahi keadaan yang mungkin “chaos” menurut perspektif sempit dirinya sendiri.

Gerung secara terang-terangan sudah keluar dari jalur berpikir normal. Maka tepat pendapat Plato yang mengatakan bahwa penganut sinisme layaknya Gerung adalah socrates yang gila yang sedang mencari panggung.

Secara psikologi, Gerung sudah menunjukkan sebuah kenyataan yang menyeret kelurusan berpikir dalam filsafat ke dalam jurang kehampaan yang ditakutkan oleh filsuf sejati seperti Socrates. Bagi saya pribadi, Gerung adalah Garong yang yang memang sengaja mencari momen untuk sekedar eksis untuk hidup. Boleh jadi untuk mengganjal perut yang sudah mulai kosong sejak jagoannya kalah dalam kontestasi demokrasi beberapa waktu yang lalu.

Garong, eh Gerung bertobatlah…

377 KOMENTAR

  1. Buat Rocky Gerung yg dungu ..
    Sekali lagi klu ngomong dan posting ditwitter ..
    Minta tolong banget isi kepala digunakan lah(otaknya difungsikan lah)
    Jgn asal ngomong saja…
    Dan kedua kembali belajar sejarah y biar makin pintar jgn terlalu dungu banget

    • Ini media abal2. Yg jelas Rocky Gerung itu tidak sepadan dengan kalian semua yg pro articel ini. Dan nulis articel ini pasti otaknya lebih kecil dari otak tikus sehingga opiniya gini2 aja😅😅😅. Kalo berani coba adakan debat terbuka dengan Rocky Gerung si super brain. Baru sadar lu pade kalo otak Lo lebih kecil dari otak tikus🤣🤣🤣

      • Setuju bro, ini media abal2… Setau gw yg namanya media itu NETRAL bukan menulis kebencian pada seseorang… Sok2 nulis tulisan RG gak bermoral, media nya sendiri nulis lebih gak bermoral, gak sesuai norma2 Jurnalistik…

        • Maklum penulisnya orang nias jdi lagi benci-bencinya sama RG karena sudah menghina tokoh mereka..padahal belum tentu akun yg mengatas nama kan RG itu punya RG bisa aja namanya di catut sama orang lain..😁

      • Dasar ente kaum kadrun ato cantri monas. Sepuluh kalimat yg diucapkan RG hanya satu kalimat yg ada artinya, lainnya mubazir.
        Wahai pengagum RG lks sadarlah sblm trlambat. Klo sehat wal afiat, sbh artikel balaslah dgn artikel dan jgn komen yg bgitu mrndahkan org lain klo tak mau disebut pecundang!!!

  2. Inilah orang pintar yang dibodohi oleh kepintarannya sendiri (tidak memahami arti dari filsafat itu sendiri) karena dia hanya menyukai sebuah ilmu filsafat

    • Anda aja yg tidak memahami apa yg dia maksud,kata2 RG tidak seberapa dari prilaku pejabat yg menyembunyikan koruptor

    • Halaaaahh boooss bos!!! Soal PAW MULAN JAMEELA gimana?? Soal kemenangan pilpres pak Prabowo di desa FIKTIF gimana??? Ingat booss dalam pemilu ini ga ada yg ga curang!! Semua soal nasib saja!!!

  3. Saya justru berharap,,, orang macam RG ini diberi tanggung jawab!! Berikan dia kesempatan di BUMN yg sekarat atau BPJS!! Sy pingin lihat sehebat apa dia!!! Karena kalo tampil di ILC seakan2 dia ahli segalanya!!!

  4. Yang Nulis Ini Punya Akal Sehat Apa Ga Eaa?…Apa Yang Selama ini di Cibir Ama RG Pelan2 Uda Mulai Kebuka Sekarang Dongo?..Ms Bangga Ama Ini Rezim Yg Penuh Kebohongan Dan Penipuan?….Sebentar Lg Rezim ini ga Nyampe 2024 Dengan Terkuaknya JIWAS RAYA.Kasus HARUN MASIKU Yg Junjungan Loe Cm Planga Plengo Ga Bs Ngapa2in..Dan Ms Banyak Kasus Lain di Belakangnya…Tinggal Tunggu Wkt..Kalian Boleh Berbohong Ama Rakyat Tp Ada yg Mengawasi Kebohongan Dan Tipu Muslihat Kalian..

    #yangnulisdongo

    • Penulis ini punya akal sehat, dan bisa jadi akalnya lbh sehat dari sesehat-sehatnya akal Anda.
      “Sebentar lg rezim ini gak nyampai th 2024 dg terkuaknya Jiwasraya bla…bla…bla…”.
      Lah, pernyataan Anda ini ancaman atau sekadar ramalan?🤣

    • Berbangsa dan berbahasa yang baik, bangun bangsa ini jangan hanya mencaci, kalo pimpinan yang kita harapkan kalah jangan menghina yang menang

  5. Rocky Gerung emang orang paling hebat dan paling tau.tp menurut RG sendiri…dia ini kan asli nya seorang peramal.mangkanya dia tau semua.

  6. Ngomong sana sini boleh2 saja Om.Yang penting jangan sampai merugikan pihak2 lain.Laoli itu marga Org Nias Om,jangan sembarangan ,saling menghargai,jadilah seseorang yg selalu memberi Akal sehat tanpa harus merugikan pihak2 lain,khususnya Marga anak Nias.

    Kamu sopan,kitapun segan.
    Ada pepatah anak Nias ,bunyinya begini”Aoha mate, moroi aila-lebih baik mati terkubur tanah dari pada harus menanggung malu”
    Intinya BangRG saling menghargai.

  7. Sebelas duabelas sama yg bikin artikel ngga jauh beda penerapan sinismenya. Sama dengan menertawakan diri sendiri ini mah wkwkwk

  8. Nawa cita post hehehe na wa ci ta re po lu si men tal wkwkwkwkwkwkwk. Kata rocky pinokio ga sampe 2024.. Aaaaaamiiiiiiinnnn😄😄😄😄

  9. Kata dungu yg dia beri makna sendiri, berbeda dengan mana dungu sebelumnya. Inipun harus jadi ” tolak ukur ” . Cara memandang yg kreatif.
    Argumentatif. Namun mari kita bijak juga . Menyalahkan tanpa alasan, membenci tanpa hati,
    Akan lahir iri hati yang tak dimengerti.
    .

  10. Yg sinisme itu’ ya media ini org bicara fakta yg sdh terbukti kok’ emang otak Lo’ egk mampuh utk berpikir dan bicara seperti Roky mangkanya bicaranya ngeles Mulu’ org bisa liat egk perlu di komentari yg baik tentunya org ambil dan yg tdk mermutu tentu di tinggalkan tdk menjust”! org seperti itu”? hidup akal sehat”!!.

  11. Mulut Garong….karena terlalu banyak Garong di negeri ini Boss, dan biasanya Garong2 itu mulai gerah kepanasan ketika mulut Garong ada di panggungnya.

  12. Orang tidak berumah tangga bisa dibilang sedikit kurang normal dan kompensasinya bisa seperti Rocky Gerung ini,mungkin dgn membangun rumah tangga nantinya kepintarannya bisa untuk hal2 yg santun dan bijak.Mungkin?!

  13. Biarlah dia menjadi filsuf sampai ONGKEK😱karena kerjanya memang itu.. Seperti bermaen kata kalimat bukan kerja kerja dan kerja😅

  14. Tulisan yang dangkal pemahaman, karena dikusai dendam dan kebencian. Tak bagus untuk di baca. Membaranya dengki dan benci.

  15. akal sehat.. berpikir jernih… analisapun terbukti… itulah hebatnya roky gerung… beda dg yg ga waras… bisanya ngeles walau nyata plonga-plongo model pinokio

  16. Sudah pada pinter semua yaa yg coment disini….kenapa gak lsg naik panggung aja biar terkenal spti RG..

  17. Sinisme akal sehat vs sinisme akal akalan…..

    Sinisme akal sehat mencerdaskan publik.,..

    sinisme akal akalan kerja nya ngintip kesalahan kecil untuk menjatuhkan pemikir akal sehat…

    • kritikan ini juga di arahkan kepad penulisnya… yag juga penuh dengan sinisme dan “penghinaan” personal pada Gerung.. lebih banyak berkaca yah Mba…!!!

  18. Kata sinisme justru penulis artikel ini..memalukan sifat dengki di ungkap tanpa sadar….yg mendukung komenmu dirimu sendiri…dari bahasa sama..cuma akun di perbanyak seakan itu org lain

  19. Wahahahaha..tulisannya ga berbobot…bisa di bilang provokatif dan tak.mutu.lebih banyak fitnahnya.ciriciri ceby.

  20. Yg nulis berita ni otaknya blm nyampe klw berpikir pol dapat, makanya tulisannya kayak sampah…lu kuda byk bljr lg ya

  21. Sudah sehatkah akal kt menurut pandangan umum bukan pandangan golongan n kelompok, akal sehat pasti mengeluarkan kata2 yg sehat, sblm keluar dr mulut n ditulis mestinya auto koreksi dr akal sehat muncul tdk keceplosan, mengkritik individu boleh n bagus tentu dg akal sehat akan membangun, tp menyebut individu dg memilih nama marganya dan disematkan pd nama binatang itu kurang sehat menurut saya, yg jantan aja sebut namanya, g usah jg sindir dg nama binatang, toh tujuannya kritik membangun bukan mengejek atau meremehkan, sbb jg suatu kelompok / marga diremehkan itu bs panjang urusan

  22. 1 itu twiter bukan dia karna sudah tidak menakai twitter twiter di haker angota rezim.. akakakakak…
    jelas media abal abal buzzer istana.. akakakak..
    NOOB

  23. Cebong pada baper,,,,stelah banyak idolanya bermasalah lalu dikritik rocky (stalone, )…wkwkwkwk stres strezzzzz deh cebong

  24. Kelihatan golongan mana yg dg kpl dingin berpendapatan dg dikendalikan logika n golongan mana yg hanya merasa berakal sehat tp nerocos dg luapan emosi n kebencian bhkn suka menyebut penghuni kebun binatang, menyedihkan ngaku2 berakal sehat tp kata2 yg diproduksi sakit akal, pengendalian diri yg buruk, emosional, sumpah serapah dan kebencian yg dipelihara, pasti kelas keimanan keimanan pd agamanya rendah, bhkn blm move dg sering sebut “cebong” pdhl “Raja Kampret” sdh jd abdinya “Raja Cebong”, g malu tu msh suka ngata2in org cebong, biar cebong tp abdinya Raja Kampret

  25. Apakah hukum ngga bisa ditegakkan pada public figure ?
    Apakah pihak pemerintah ngga bisa melihat bhw bicara prof. abal2 ini sdh banyak yg menyimpang dan cenderung negatif, yg sangat berbeda dgn kritik ?
    Jgn biarkan bara itu menyala terus bhkn mkn menyala, BIN punya wewenang memanggil si codot ini…
    Ignorance is a human desease which is able to create chaos..

  26. Mantaabb .. Rocky gerung di lawan, hidup bang rocky gerung, diadakan Trs kebenaran …hancurkan para koruptor …

    • Mantaabb .. Rocky gerung di lawan, hidup bang rocky gerung, suarakan Trs kebenaran …hancurkan para koruptor …

      Balas

  27. ARTIKEL ABAL-ABAL INI YANG MENGUPAS TENTANG ROCKY GERUNG.. HANYA DI DASARI OLEH KARENA KEBENCIAN DAN KETIDAKSUKAAN SEMATA TERHADAP SEORANG ROCKY GERUNG..YANG MENTWEET TENTANG YASONNA LAOLY, DI GAMBARKAN KATANYA SEBAGAI SEEKOR ANJING KECIL,.TAPI BELUM TENTU AKUN TWEETER ITU MILIK SEORANG RG, BISA JADI AKUN ITU MILIK ORANG LAIN YG MENCATUT NAMA DAN FOTONYA RG.. SEMUA YG PRO ARTIKEL ABAL-ABAL INI SUDAH PASTI 95% ADALAH ORANG-ORANG NIAS KARENA MEREKA BENER2 JADI SANGAT BENCI DAN JENGKEL SERTA MARAH PADA RG KARENA SATU-SATUNYA TOKOH KEBANGGAAN MEREKA (SUKU NIAS) YASONNA LAOLY ITU, DI HINA OLEH RG LEWAT TWEETER… 🤭😁🤪😜.

  28. EKARISMAN INI PASTI ORANG NIAS DIA MEMUAT ARTIKEL ABAL-ABAL YG MEMOJOKAN RG KARENA RG MENGHINA MARGA NIAS LAOLY..TAPI DLM ARTIKEL DIA YG PENUH KEBENCIAN YG MENGATAKAN ROCKY GERUNG YANG GERUNGNYA DI BILANG GARONG PADAHAL GERUNG ADALAH MARGA ORANG MINAHASA,,DIA JUGA SUDAH JELAS-JELAS MENGHINA MARGA ORANG MINAHASA YAITU MARGA GERUNG,,DIA (EKARISMAN) MARAH DAN BENCI KARENA TOKOH ORANG NIAS YASSONA LAOLY DAN MARGA DARI SUKUNYA (NIAS) DI HINA OLEH RG TAPI DIA SENDIRI SUDAH MENGHINA MARGA SUKU ORANG MINAHASA…

Comments are closed.