Sejak Wolfgang Pikal Resmi Pelatih, Persebaya Kalah Terus

3
212
Sejak Wolfgang Pikal Resmi Pelatih, Persebaya Kalah Terus

NAWACITA- Persebaya sulit mendapatkan kemenangan sejak Wolfgang Pikal resmi menjadi pelatih kepala. Arsitek asal Austria itu mulai duduk di bangku cadangan pada 11 Oktober dan menemani Persebaya di tiga laga, yang berujung tanpa kemenangan.

Jika ditarik ke belakang, Persebaya sudah melewati lima laga terakhir tanpa tiga poin di Shopee Liga 1 2019. Pikal dikontrak sejak 27 Agustus 2019, namun tidak bisa duduk di bangku cadangan karena statusnya belum disahkan.

Dia harus puas duduk di tribune saat meracik strategi Persebaya dalam lima pertandingan, sementara asisten pelatih Bejo Sugiantoro menemani tim secara langsung. Hasilnya malah cukup positif dengan membukukan dua menang, dua seri, dan sekali kalah.

Berdasarkan catatan sejarah, total hanya ada delapan pelatih asing yang pernah menangani Persebaya, termasuk Pikal. Hasilnya, tim berjulukan Bajul Ijo itu seolah tak berjodoh saat ditangani pelatih asal luar negeri.

Baca Juga : Kevin/Marcus Juara Prancis Terbuka 2019

Hal itu dimulai pada Divisi Utama Liga Indonesia 1995-1996. Sasho Kostov adalah pelatih asing pertama yang menangani Persebaya sejak berdiri pada 1927. Pelatih asal Bulgaria itu membawa beberapa pemain asing asal Eropa Timur, seperti Dejan Antonic.

Kostov gagal memberi prestasi dengan hanya mampu membawa Persebaya finis peringkat ketujuh klasemen akhir Divisi Timur. Persebaya tak berhak lolos ke putaran kedua dalam kompetisi yang akhirnya dijuarai Mastrans Bandung Raya itu.

Pelatih asing kedua adalah Jacksen F. Tiago, yang semasa bermain mempersembahkan gelar Divisi Utama Liga Indonesia 1996-1997. Perlu dicatat, musim tersebut Persebaya menjadi yang terbaik di bawah arahan pelatih lokal Rusdy Bahalwan.

Jacksen mulanya ditahbiskan sebagai nakhoda Persebaya pada Divisi Utama 1999-2000, menggantikan Riono Asnan yang gagal memberi hasil positif. Jacksen menjabat sebagai pelatih sekaligus pemain secara aktif.

 

Comments are closed.