Johann Zarco Gagal mengembangkan Motor KTM RC16

0
107
Johann Zarco Gagal mengembangkan Motor KTM RC16

NAWACITA– Direktur Motorsport KTM Red Bull, Pit Beirer, menyatakan Johann Zarco tak siap untuk berada di tim pabrikan untuk mengembangkan motor. Beirer menilai Zarco gagal mengembangkan motor RC16 jadi kompetitif sehingga kerap menuai hasil buruk di MotoGP 2019.

Beirer menjelaskan bahwa tugas pembalap tim pabrikan amat banyak dan salah satu yang terpenting adalah mengembangkan motor. Setiap tim pabrikan akan memberikan pembalapnya motor dasar yang mesti dikembangkan dengan memilih perangkat-perangkat yang akan dipasangkan.

Jumlah perangkat yang akan dipilih pembalap amatlah banyak. Beirer menerangkan ada sekira 100 perangkat yang akan dipilih pembalap sehingga jika salah menjatuhkan pilihan maka motor yang dikendarai bisa berbeda dengan rekan setim. Hal itu yang dialami Zarco di KTM.

Zarco tak bisa mengembangkan motor RC16 sesuai dengan gaya balapnya. Hal itu memicu hasil buruk yang dituai pembalap berpaspor Prancis tersebut. Hasil terbaik yang dituai Zarco musim ini adalah finis di posisi 10 pada MotoGP Catalunya 2019.

Baca Juga : Della-Rizki Lanjutkan Penampilan di Indonesia Masters 2019

“Sesuatu yang baru (bagi Zarco) di tim pabrik. Anda harus membuat motor sendiri. Ada motor dasar dan juga 100 buah perangkat untuk dipilih. Jika Anda memilih yang salah 10 kali maka motor sama sekali berbeda dari rekan setim Anda,” ujar Beirer, seperti yang dikutip dari Motorsport, Selasa (1/10/2019).

“Dan jika Anda ingin bertahan sebagai pembalap pabrik, Anda harus sangat keren dalam memilih motor Anda, serta menjadikannya keuntungan bagi Anda. Di sana saya pikir dia belajar banyak. Jika ingin memenangkan kejuaraan ini, Anda harus menyiapkan motor sendiri dengan tim pabrik. Saya yakin dia akan lebih baik di masa depan,” tutupnya.