Nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Indonesia meraih medali emas pertama di Sea Games 2021 Vietnam lewat cabang olahraga (cabor) dayung pada Rabu (11/5/2022).

Medali emas diraih oleh Kakan Rusmana dan Ardi Isedi pada nomor lightweight men’s double sculls (LM2X) dalam pertandingan yang digelar di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center Vietnam.

Dalam pertandingan yang digelar di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center, Vietnam, Kakan dan Ardi finis tercepat dengan catatan waktu tujuh menit 1,385 detik di final Sea Games 2021.

Kakan dan Ardi mengalahkan wakil Filipina yang meraih medali perak dengan selisih waktu 4,2 detik. Adapun medali medali perunggu diraih tuan rumah Vietnam.

Sebelumnya, Indonesia meraih medali perak pada nomor women’s quadruple sculls (W4X). Tim yang diperkuat Putri Agni Anugerah, Annisa Meilani Yahya, Maslin Efrilia dan Dewi Purwanti itu finis kedua dengan catatan waktu tujuh menit 23,6 detik.

Medali emas nomor tersebut direbut tim tuan rumah Vietnam yang mencatatkan waktu tujuh menit 13,2 detik.

Indonesia mengirimkan 34 atlet pada cabang olahraga rowing (dayung) dengan rincian 18 putra dan 16 putri.

Di cabang olahraga rowing, ada empat nomor yang dijadwalkan perebutan medali, yaitu women quardruple sculls, lightweight men’s double sculls, men’s double sculls, women’s four.

Dayung menjadi salah satu kontingen Indonesia yang bertanding lebih awal, sebelum upacara pembukaan Sea Games 2021 digelar pada Kamis (12/5/2022).

“Ini merupakan nomor potensial kita untuk meraih medali emas. Saya harap dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia,” ujar Ferry J. Kono, Chief de Mission Kontingen Indonesia di Sea Games 2021.

Selain cabor dayung, Indonesia berpeluang untuk menambah medali dari cabang pencak silat pada hari ini, Rabu (11/5/2022).

Baca juga :  BPHN: Aturan Bantuan Hukum Masyakarat Kurang Mampu Segera Diterbitkan

Ada tiga wakil yang bertanding di displin seni, tunggal putri, ganda putri dan beregu putra cabor pencak silat.