Possi Ternate Gelar Kompetisi Menyelam

0
160

Ternate, NAWACITA -Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesai (POSSI) Kota Ternate kembali menggelar Kompetisi menyelam atau Finswimming dan Orientasi Bawah Air (OBA) bertempat di perairan Pantai Falajawa Ternate.

“Kompetisi ini tentunya untuk menjaring para atlet di kota Ternate khususnya Cabang Olahraga (Cabor) Selam,” kata Ketua POSSI Kota Ternate, Ruslan Bian di Ternate, Senin.

Dia mengatakan, kompetisi Finswimming dan OBA ini baru pertama kali dilaksanakan di Kota Ternate, sehingga menjaring atlit selam yang masuk 10 besar dalam kompetsi ini, untuk dilakukan pembinaan secara khusus oleh POSSI Kota Ternate.

Mereka yang masuk 10 besar akan didata dan dilakukan pembinaan lanjutan, agar bisa mengikuti kompetisi-kompetisi ditingkat yang lebih tinggi.

Baca juga: Indonesia, Filipina, Dan Jepang Terima Bendera Tuan Rumah Piala Dunia

Selain itu tujuan lain dari kegiatan ini adalah memberdayakan masyarakat agar selalu mencintai laut karena laut adalah sumber kehidupan kita semua,” jelasnya.

Event dalam rangka Gebyar Olahraga KONI Ternate itu dibuka langsung oleh Ketua KONI Kota Ternate, Lukman Poli dan diikuti oleh 66 peserta masing masing untuk Finswimming sebanyak 53 peserta dan OBA sebanyak 13 peserta.

Menurut Ketua Panitia, Ismu Fabanyo, kompetsi ini digelar selama sehari dengan tujuan untuk mencari atlit-atlit berbakat di Kota Ternate untuk Cabor Selam, yang nantinya mewakili maluku utara untuk Pra PON di Surabaya.

“Kami menggelar kegiatan ini untuk mencari atlit-atlit muda Kota Ternate untuk dipersiapkan mewakili Maluku Utara di Pra PON Surabaya nanti,” katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Ternate, Lukman Poli menyatakan, gebyar Olahraga KONI Kota Ternate merupakan suplemen untuk membangkitkan gairan pengurus Cabor guna melaksanakan kompetisi lebih efektif lagi agar bisa menghasilkan atlet muda berprestasi di Kota Ternate.

Baca Juga: Recky Robio Jadi MVP Piala Dunia FIBA Sekaligus Pimpin ALL-STAR

Kegiatan olahraga yang dilaksanakan oleh POSSI, bukan sekedar untuk melaksanakan pertandingan saja, tapi untuk mengajak seluruh komponen masyarakat, Pemerintah, BUMN
Swasta dan TNI/Polri untuk turut bersama mamajukan olehraga di Kota Ternate,” katanya.

Dalam kompetisi tersebut juga dilakukan kampanya anti plasik oleh panitia dan seluruh peserta lomba dan imbauan juga disampikan kepada seluruh masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di laut.