Tercatat di Piala Dunia Zona Asia 2022, Timnas Indonesia Fokus unutk Maksimal

0
90
gambar/Ilustrasi

Jakarta, NAWACITA – Timnas Indonesia ada di grup berat di Pra Piala Dunia 2022. Alberto ‘Beto’ Goncalves menegaskan tim Merah-Putih harus fokus ke diri sendiri.

Sesuai Hasil undian Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia menempatkan timnas Indonesia di Grup G dengan Uni Emirat Arab, Vietnam, Thailand dan Malaysia. Kualifikasi akan dimulai dari tanggal 5 September 2019 sampai 9 Juni 2020.

Di antara tim-tim di Grup G, peringkat Indonesia di FIFA paling rendah. Indonesia ada di posisi ke-160, Malaysia ada di atasnya di posisi ke-159.

UEA ada di peringkat teratas, posisi ke-67. Berturut-turut kemudian Vietnam (96) dan Thailand (116).

“Kami tahu tidak gampang tapi seperti coach Simon selalu bicara sama kami, tidak usah pikir tim lain yang penting tim kami sendiri kerja seperti apa, harus percaya diri, berani main dan membawa ke lapangan apa yang kami persiapkan di latihan,” ujar Beto dikutip detikSport, Kamis (18/7/2019).

“Jadi kami fokus ke tim sendiri, bagaimana membawa strategi coach Simon di lapangan dan apa yang terjadi, tergantung pada Tuhan, dan tergantung kerja keras. Kalau kami kerja keras, bisa jadi hasil yang maksimal. Sulit, tapi kami harus percaya dan masyarakat juga harus percaya sama kami apapun yg terjadi di lapangan kami akan bermain maksimal,” kata pemain naturalisasi itu menambahkan.

Beto pun juga mengakui bahwa Grup G cukup berat untuk Indonesia. Kualitas lawan Indonesia sudah mengalami peningkatan yang signifikan.

“Saya lihat grup ini, ya lumayan berat buat kami ya, kemarin kami main lawan mereka di Asian Games tapi berbeda sekarang ini tim yang disiapkan untuk menghadapi kualifikasi dan mereka kuat juga,” kata Beto.

“Kami tahu tim-tim dari Arab secara postur mereka tinggi secara percaya diri juga mereka baik, Thailand kami tahu mereka sudah naik ya di peringkat FIFA, naik di atas Indonesia mereka sudah kuat, Vietnam juga mulai bagus. Apalagi Malaysia, seperti derby dengan Indonesia jadi tidak gampang,” dia menambahkan.

(Ant)