Sesmenpora Pastikan Libur Lebaran Atlet Tak Ganggu Persiapan Sea Games

0
17

Jakarta, NAWACITA – Sambut perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 1440 Hijriah, beberapa cabang olahraga meliburkan kegiatan pemusatan latihan nasional (Pelatnas). Sekalipun ajang Sea Games akan berlangsung sebentar lagi.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto menegaskan, sejauh ini, persiapan para atlet untuk menghadapi Sea Games di Philipina pada November nanti berlangsung dengan baik.

“Sejauh ini sih masih tetap on the right track,” tegasnya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia dalam sambungan telepon, Rabu (5/6/2019).

Diakuinya bahwa sejak beberapa hari yang lalu, beberapa cabang olahraga telah meliburkan kegiatan Pelatnas hingga pertengahan bulan Juni ini. Namun demikian, katanya hal itu sangatlah lumrah.

“Sebagai perbandingan tahun yang lalu juga Sea Games di bulan Agustus, di pertengahan bulan Juni ada 1 Syawal 1939 Hijriah, waktu itu sempat di off-kan selama satu minggu. Habis itu kemudian kembali lagi untuk persiapannya,” tandasnya.

Langkah itu ditegaskannya lagi sebagai penghormatan atas hak asasi manusia (HAM) yang juga melekat pada para atlet, utamanya yang beragama Islam. Makanya pemerintah memberikan kesemptan bagi mereka untuk merayakan lebaran bersama keluarga masing-masing.

“Wajar dong untuk bertemu dengan keluarga, berkumpul dengan sanak saudara,” imbuhnya.

Meski meliburkan Pelatnas di beberapa cabang olahraga selama beberapa hari, dipastikannya para atlet tetap akan fokus untuk meraih prestasi tertinggi di Sea Games nanti.

“Ini (libur pelatnas) tidak mengurangi makna mereka untuk mempersiapkan diri dalam Sea Games,” pungkasnya menekankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here