Beesokhi Ndruru, Dalizatulo Lase, Faahakhododo Maruhawa (Atas) Mardin Zendrato, Marinus Nazara, Salatieli Daeli, (Tengah) Sorni Paskah Daeli, Utusan Sarumaha, Yusman Ziliwu (Bawah)

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Walaupun ada banyak permintaan dari pengurus HIMNI di seluruh daerah, agar Marinus Gea biasa disapa MrG melanjutkan kepemimpinan sebagai Ketua Umum HIMNI pada periode ketiga, tapi dalam berbagai kesempatan resmi, anggota DPR Komisi XI tetap taat pada aturan, yaitu AD/ART, hanya dua periode.

Baca Juga : Ketua Umum Marinus Gea Himbau Kader HIMNI Di Seluruh Indonesia Mempersiapkan Diri Menuju 2024

Pernyataan MrG itu, bila ditarik kepada kepemimpinan nasional yang saat ini menjabat di republik Indonesia, nadanya seirama dengan Presiden Jokowi, yang tidak bersedia menjadi presiden pada periode ketiga, karena UUD 1945 sudah menegaskannya hanya dua periode, dan Kakek dari Jan Ethes itu taat akan aturan yang berlaku, maka tiga periode tidak berlaku baginya.

Baca Juga : Politisi Senayan Asal Kepulauan Nias Marinus Gea (MrG)  : Jangan Malu-Malu,  Jika Ingin Ikut Kompetisi Politik

Terkait Munas HIMNI ke-VI, Sekjen Otoli Zebua ketika ditemui nawacitapost, via aplikasi WhatsApp, “Ya, benar HIMNI akan menggelar pelaksanaan Munas ke-6 di Kepulauan Nias tahun  2023, itu untuk jabatan periode  2023 -2027,” jelasnya.

Baca Juga : Gagasan Marinus Gea Mempersiapkan Kader Terbaik, Direspon Para Tokoh Muda Asal Kepulauan Nias 

Kembali ke pernyataan MrG di berbagai kesempatan dengan sejumlah tokoh Kepni, bahwa ia tidak bersedia dipilih kembali di periode ketiga, menjadi Ketum DPP HIMNI, menarik untuk dicermati.

Berdasarakan hal tersebut, redaksi nawacitapost bersama manajemen dan para tokoh Kepni di luar nawacitapost melakukan diskusi panjang disertai argumen cerdas berlogika, dan menghimpun rekam jejak para tokoh potensial pasca MrG  tak lagi sebagai Ketum DPP HIMNI.

Hasil diskusi itu, mendapatkan 9 nama bakal calon potensial untuk kandidat Ketua Umum  HIMNI 2023 -2027, yang bermotokan BERSATU KITA BISA berdasarkan abjad.

Baca juga :  Jokowi Gelar Rapat Konsultasi Terkait Rancangan RKUHP

Pertama Beesokhi Ndruru biasa disapa Kak B’ee, saat ini eksis di dua organisasi, Wakil Sekjen DPP HIMNI, dan Sekretaris Umum Fornisel, serta tak kalah pentingnya, kerap menemani Menkumham Yasonna Laoly dalam berbagai aktivitas liburnya, bersepeda salah satunya. Ditambah sebagai Pembina Yayasan Nias yang selalu membantu warga Nias di Jabodetabek dalam berbagai kebutuhan, antara lain penyediaan ambulans gratis dan menyediakan  tenaga Kesehatan, bedah rumah dan CEO Yessindo.

DPD dan DPC HIMNI dari daerah, kerap memintanya untuk memimpin sebagai Ketum DPP HIMNI periode 2023 -2027. Namun, secara diplomasi ia, hanya mengatakan, nanti saja di Munas ya. Yang jelas saat ini, ia menegaskan hanya loyal dan patuh pada Ketum DPP HIMNI Marinus Gea.

Kedua Dalizatulo Lase, dalam Musda yang berlangsung beberapa silam lalu, dipilih dan dipercaya sebagai Ketua DPD HIMNI Riau.

Pria asal Nias, yang kini bermukim di Riau, mampu menjadikan HIMNI disegani dan bisa bergaul erat dengan ormas lainnya, serta diminta atau tidak diminta memberikan masukan kepada kepala daerah di Riau.

Ketiga Faahakhododo Maruhawa adalah Ketua Umum PMNBI. Boleh dikatakan tokoh potensial yang tepat untuk memimpin HIMNI di Munas ke-6 ini. Ada sebagian besar DPD HIMNI daerah memintanya untuk bersedia menjadi orang nomor satu HIMNI.

Keempat Mardin Zendrato. Bisa dikatakan gampang-gampang susah, membangun usaha di Jabodetabek, tetapi berkat kerja keras dan keuletannya, ia bukan hanya mampu dan sukses berusaha, malah dipercaya sebagai Ketua Umum Gabungan Pengusaha Nias Indonesia (Gapnindo)

Salah satu bukti kecintaannya kepada Kepni, ia selalu hadir dalam berbagai kegiatan kepni : HIMNI, PMNBI, Himanira, IKBBL dan pertemuan-pertemuan dengan berbagai tokoh Kepni Jabodetabek, selama ia tak sibuk dengan aktivitasnya.

Baca juga :  Jendreral Moeldoko Sebut Tak Ada Maaf Bagi Pria yang Ancam Penggal Jokowi

Pria gaek dan senior ini, terkenal luas bergaul dengan para pemimpin pusat dan daerah, nampaknya tepat dipercaya menakhodai HIMNI 2023 -2024.

Sebelumnya di Munas ke-5 HIMNI, ia pernah masuk tiga besar calon Ketua Umum DPP HIMNI, tetapi belum berhasil. Dan di Munas ke-6, bila ada DPD dan DPC yang mendukungnya, ia siap maju, untuk menjadi orang nomor satu di HIMNI periode 2023 -2027.

Kelima Marinus Nazara. Selain sebagai Bendahara Umum HIMNI di era Marinus Gea ini. Nampaknya sangat paham dan tahu betul tentang HIMNI ke depan, dan mau dibawa kemana HIMNI ini? Maka Ketum Himanira ini tepat menjadi pilot utama HIMNI 2023 -2027.

Apalagi ia punya segudang pengalaman di dunia pengacara plus pemilik representative di Grand Ussu Hotel dan Convention. Bahkan pergaulannya luas dengan berbagai tokoh penting di berbagai kementerian dan sejumlah pengusaha.

Keenam Salatieli Daeli. Melalui Musda DPD HIMNI dipilih untuk kedua kali, dan dipercaya sebagai Ketua, untuk periode 2021 – 2025.

Pria yang terkenal kritis, selalu menerapkan  dimana bumi dipijak. Artinya walaupun berasal dari Nias, tetapi telah lama berdomisili di  Lampung. Maka bersinergi dengan pemda, ormas dan segala lapisan masyarakat di Lampung menjadi pokok utamanya.

Pergaulan yang luas, dan sudah teruji ini, salah satu modal kuat pria ini layak dicalonkan dan menjadi Ketum HIMNI di Munas ke-6.

Ketujuh  Sorni Paskah Daeli. Birokrat eselon II di kantor Kemenko PMK ini punya jabatan yang menyambung dengan Nias Barat, bila ditarik ke Pilkada Nias Barat 2024, maka Ketua Umum Ikatan Kerukunan Keluarga Besar Lahomi (IKKBL), punya kans potensial menjadi Ketua Umum DPP HIMNI di Munas ke-6 untuk periode 2023 -2027.

Baca juga :  Masuk Top Besar Pilpres 2024, Moeldoko Banyak Diburu Parpol Sebagai Capres

Kekuatan melobi dengan pemerintah pusat lintas departemen, jangan diragukan lagi bagi Sorni. Bahkan berbagai tokoh Nias menyebut itu menjadi salah satu modal kuatnya, ditunjang juga sebagai peneliti kawakan di Kemenko PMK terkait dengan bidangnya yang hasil penelitiannya dijadikan rujukan di Indonesia dan luar negeri.

Paling anyar atau terbaru, Sorni bersama tokoh Nias Barat berhasil mendamaikan perseteruan Bupati Khenoki Waruwu dengan Wabup Era Era Hia.

Kedelapan Utusan Sarumaha. Rakyat Batam memilihnya sebagai anggota DPRD, tak sampai disitu, masyarakat Nias yang berdomisli di Batam pun melalui Musda memilihnya sebagai Ketua DPD HIMNI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pria yang lahir dari pasangan orangtua Anunehesi Sarumaha dan Yurimani Nakhe, di desa kecil Hilisataro, Kecamatan Tomo, tak lupa dengan budaya asalnya, yang diterapkan oleh kedua orang tuanya untuk selalu jujur dalam beraktivitas apapun.

Nampaknya tepat, untuk menjadi Ketua Umum

Kesembilan Yusman Ziliwu, kali ini sudah dua periode menjabat Ketua DPD HIMNI Jabar, itupun didapat secara demokratis melalui Musda yang dilaksanakan pada tahun 2021.

Pria asal Nias, yang kini berdomisili di tanah Pasundan ini, kerap menghadiri berbagai acara komunitas Nias, rasanya pas untuk memimpin HIMNI periode 2023 – 2027.