Kiri ke kanan : Direktur MEREK dan Indikasi Geografis Nofli, Bc.IP., SH., S.Sos.,M.Si dan Diektur PT MNI Beesokhi Ndruru di, Kantor Kemenkumham, Jakarta, Jumat (10/7/2021). foto Nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOSTJIKA kita punya merek. Bukan lagi harus, melainkan wajib didaftarkan. Tujuannya supaya merek yang kita buat tidak digunakan oleh orang. Jika itu tidak kita lakukan, maka akan membuat kerugian baik secara materi maupun non materi. Begitulah realita di era kini.

Baca Juga : Nawacitapost.com, NawacitaTV dan Nawacita Award Sah Menjadi Merek PT Media Nawacita Indonesia

Lembaga resmi yang diatur negara untuk MEREK yang kita buat dan daftarkan adalah Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham), terutama Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), tepatnya lagi Direktorat MEREK dan Indikasi Geografis.

Terkait hal tersebut, pelayanan pendaftaran merek saat ini mengalami kemajuan signifikan dalam mempercepat proses pendaftaran berbagai hal terkait kekayaan intelektual sebagai wujud dukungan pada dunia usaha di Indonesia. Hal ini sesuai harapan presiden yang menerapkan janji pelayanan ” Kalau Bisa Dipercepat mengapa harus diperlambat.”

 

Kiri ke kanan : Direktur MEREK dan Indikasi Geografis Nofli, Bc.IP., SH., S.Sos.,M.Si dan Diektur Utama PT MNI, Otoli Zebua di, Kantor Kemenkumham, Jakarta, Jumat (10/7/2021). foto Nawacitapost.com

Sinyalemen masyarakat yang pesimis bahwa jika berurusan dengan pelayanan pemerintah selalu mengeluh dengan kalimat pesimis ” Kalau Bisa Diperlambat Mengapa Harus Dipercepat”. Itu dulu, tapi  tidak untuk sekarang ini. Hal ini bisa dibuktikan dalam pelayanan proses pendaftaran merek yang dilakukan PT. Media Nawacita Indonesia (MNI). Yaitu  NawacitaTV dan Nawacita Awards.

Demikian disampaikan oleh Direktur PT MNI, Beesokhi Ndruru biasa disapa Bee setelah menerima sertifikat pendaftaran merek Nawacita TV dan Nawacita Awards  Jumat, 9 Juli 2021 di Kantor Kemenkumham, Kuningan Jakarta. Harapan bahwa percepatan ini terus diupayakan lebih baik lagi seperti diutarakan oleh Direktur Merek Dan Indikasi Geografis Nofli.

Selain tekad menjadikan pelayanan profesional dan akuntabel, juga terus dimaksimalkan pelayanan melalui online bagi masyarakat yang mendaftarkan berbagai hal kekayaan intelektual di Dirjen KI. Selain dengan percepatan proses yang bisa dicek langsung oleh pendaftar merek juga mencegah terjadinya kontak para pihak demi menghindari pungutan yang tidak perlu.

Baca juga :  Polres Tapsel Gelar Upacara Sertijab dengan Protokol Kesehatan

Meskipun belum sempurna dan masih ada kekurangan namun terus dioptimalkan agar pelayanan benar benar sesuai harapan pimpinan dan masyarakat. Banyak hal yang dilakukan sebagai terobosan dalam memberi kemudahan kepada dunia usaha. Misalnya kerjasama dengan berbagai Kementerian dan pemerintah daerah. Khususnya upaya mempermudah pendaftaran bagi UMKM misalnya memperkecil biaya pendaftaran dan mempermudah syarat dan kelengkapan.

Namun tetap berpedoman pada peraturan dan Undang- Undang yang berlaku. Kita optimis Dirjen KI mewujudkan keberpihakan pada dunia usaha sehingga Indonesia segera menjadi negara maju dengan ekonomi yang kuat dan tangguh, tutur Bee.

Yang jelas, pengurusan merek di kemenkumham tidak dipersulit. Asal syarat yang ditentutkan negara dalam hal ini Kemenkumham dipenuhi, maka MEREK yang kita daftarkan, segera kita dapatkan, pungkas Direktur Utama PT MNI,Otoli Zebua yang disampaikan dalam kesempatan yang sama.