Ir. ERIKO SOTARDUGA B.P.S

JAKARTA, NAWACITAPOST.COM – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga memberikan apresiasi atas kinerja Bea dan Cukai yang telah menjalankan tugas dan semua fungsinya dengan baik. Dengan pengawasan yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19, Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta telah berhasil menggagalkan penyelundupan 315 colly benih lobster dan 2.092 gram narkotika jenis sabu-sabu.

Hal tersebut disampaikan Eriko dalam Konferensi Pers antara Tim Komisi XI DPR RI bersama Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta beserta Tim Gabungan dan Bareskrim Polri di Gedung Kantor Pelayanan Umum (KPU) Bea Cukai Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Jumat (18/9/2020). Eriko menilai di tengah pandemi seperti ini kinerja pengawasan memang harus diperketat.

“Pandemi tidak boleh membuat Bea Cukai menjadi lengah, tetapi tetap mengencangkan ikat pinggang untuk menekan pelanggaran dan kegiatan menyimpang yang dapat mempengaruhi kehidupan bangsa serta mengakibatkan kebocoran penerimaan negara. Kami mengapresiasi kinerja Tim Gabungan beserta Bareskrim Polri dalam komitmen memberantas penyelundupan,” terang Eriko.

Eriko pun meminta agar ke depan Bea dan Cukai turut menggandeng peran aktif masyarakat dalam upaya pencegahan. “Upaya dalam pemberantasan ini tidak akan bisa maksimal tanpa peran aktif masyarakat. Komisi XI DPR RI akan senantiasa mendukung kinerja Bea Cukai dalam rangka mencapai penerimaan negara dan pengawasan dari masuknya barang barang illegal,” tutur politisi Fraksi PDI-Perjuangan tersebut.

Konferensi Pers tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR RI lainnya, dalam rangka Kunjungan Kerja Spesifik terkait fungsi pengawasan Bea dan Cukai, di antaranya Achmad Hafisz Tohir (F-PAN), Andreas Eddy Susetyo dan Indah Kurnia dari F-PDI Perjuangan, Kamrussamad (F-Gerindra), Misbakhun (F-Golkar), Hasbi Anshory (F-Nasdem), Linda Megawati dan Siti Mufattahah dari F-Demokrat, serta Junaidi Auly dan Hidayatullah dari F-PKS.

Baca juga :  Ini Komunikasi Terakhir Annisa Pohan dengan Ani Yudhoyono

Komisi XI DPR RI mendukung penuh upaya Bea Cukai dalam melakukan pengawasan lalu lintas impor dan ekspor guna mencegah penyalahgunaan wewenang. Bea Cukai membuktikan dengan tetap berkomitmen untuk memperketat pengawasan dengan menguatkan sinergi seluruh komunitas di Bandara Soekarno-Hatta.