SERANG, NawacitaPost.com Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Ketua DPRD Bahrul Ulum, Asisten Daerah (Asda) I Nanang Supriatna dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Kepala Bagian (Kabag) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Serang melaksanakan Sholat Idhul Adha 1443 Hijriyah di Alun-alun Kecamatan Kramatwatu pada Minggu, 10 Juli 2022.

Tatu yang mengenakan baju gamis putih tiba sekira pukul 06.30 WIB didampingi sang suami, Jhon Chaidir dan sang putri Kamila Ratu Chaidir. Tampak juga Anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi Partai Golkar Muhsinin, Camat Kramatwatu dan ribuan warga se Kecamatan Kramatwatu.

Sedangkan yang bertugas pada Sholat Idhul Adha tersebut bertindak sebagai Imam, Ustadz Abuy Budiman, Khotib KH. Tubagus Ahmad Khudori Yusuf, Bilal Ustadz Tajwini, dan Ustadz Rohili sebagai pembaca do’a. Usai Sholat Ied, Bupati Tatu beserta jajaran menuju Masjid Jami Baitul Muslimin untuk menyerahkan secara simbolis hewan kurban sapi dan mengaku bersyukur sudah melaksanakan sholat ied bersama masyarakat.

“Alhamdulillah tadi kita sudah bersama-sama melaksanakan Sholat Idhul Adha di Lapangan Kecamatan Kramat watu. Memang alun-alun ini sering kali kita gunakan untuk kegiatan-kegiatan Pemda Serang, yaitu salah satunya sholat idul Adha hari ini. Alhamdulillah semua berjalan lancer,”ungkapnya.

Tatu juga bersyukur Jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Serang baik dirinya, Wabup Pandji, Sekda Tubagus Entus Mahmud Sahiri dan seluruh OPD bisa melaksanakan dan memberikan hewan kurban kepada masyarakat. “Tentunya kami berharap semua ini bentuk dari ketaqwaan saya, kami semua (Jajaran Pemda Serang) kepada Allah SWT,”ujarnya.

Kemudian juga dari sisi sosial, Tatu juga berharap bantuan hewan kurban bisa membantu masyarakat Kabupaten Serang untuk bisa menikmati daging kurban yang akan di bagikan kepada seluruh atau sebagian masyarakat Kabupaten Serang.

Baca juga :  Terima Bantuan Mobil Ambulan, Bupati Serang Ajak Industri Lain Ikuti PT Cargill

“Harapannya Habluminallah nya kita berharap ini bentuk ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dan dari sisi sosial semoga ini bagian dari berbaginya masyarakat yang mampu, untuk saudara-saudara kita memang yang membutuhkan daging kurban. Ini bentuk kebersamaan antar masyarakat muslim atau islam di Kabupaten Serang,”paparnya.

Ditempat yang sama Asda I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Serang Nanang Supriatna mengatakan untuk tahun ini Pemda Kabupaten Serang menyerahkan 53 hewan kurban sapi, kerbau dan kambing. Rinciannya 21 sapi, 2 kerbau, dan 30 ekor kambing.

“Sudah di bagikan semalam kepada lembaga dan pondok pesantren se Kabupaten Serang, hari ini di laksanakan penyembelihannya,”ujar Nanang.

Sedangkan terkait perayaan Hari Raya Idhul Adha, kata mantan Camat Waringin Kurung ini sebagaimana di sampaikan KH Tubagus Ahmad Khudori Yusuf yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Idhul Adha adalah berkurban, juga menjaga kebersamaan dalam mentauladani Nabi Ibrahim bagaimana ketaatan anaknya Nabi Ismail kepada bapaknya dan bapaknya Nabi Ibrahim menjaga keluarga dan ketaatan kepada Allah SWT.

“Sehingga oleh Allah SWT memberikan penggantinya dengan seekor kambing, nah ini tentunya penguatan keluarga dan juga menjaga kekompakan kebersamaan seluruh masyarakat Kabupaten Serang, untuk terus sama-sama melaksanakan dan mendukung pembangunan di Kabupaten Serang,”ucap Nanang.(FN)