> Menko PMK Kuliah Umum Revolusi Mental di Depan 450 Mahasiswa Universitas Tanjungpura

TANJUNGPURA, NawacitaPost.com Fokus utama pemerintah saat ini adalah pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter dalam rangka mewujudkan generasi Indonesia Emas 2045.

Untuk mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045, Pemerintah telah mencanangkan Gerakan Nasional Revolusi Mental sesuai Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 dan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.

Terdapat lima Gerakan Nasional Revolusi Mental yaitu Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Mandiri, Gerakan Indonesia Tertib, dan Gerakan Indonesia Bersatu.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi mendorong supaya kelima gerakan tersebut dapat di implementasikan dengan melibatkan berbagai unsur khususnya para mahasiswa yang menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

“Saya mendorong agar lima gerakan tersebut dapat diaktualisasikan di daerah. Dengan melibatkan semua unsur masyarakat, lebih khusus lagi para mahasiswa, yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan,” jelasnya saat memberikan sambutan pada Kuliah Umum Internalisasi Revolusi Mental di Universitas Tanjungpura, Kamis (22/9).

Lebih lanjut, Menko Muhadjir juga memberikan semangat kepada seluruh mahasiswa Universitas Tanjungpura untuk mempunyai mimpi yang besar dalam membangun bangsa Indonesia ke depannya.

“Pokoknya kalian harus mempunyai mimpi yang besar sejak kalian menjadi mahasiswa saat ini. Karena kalian lah generasi penerus yang akan mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045,” ucapnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Rektor Universitas Tanjungpura Garuda Wiko juga memiliki harapan yang besar kepada para mahasiswa untuk menguasai kemampuan hardskill dan softskill sebagai upaya membentuk sumber daya manusia unggul.

Baca juga :  Menko PMK: Kunjungan ke Ponpes Shiddiqqiyah untuk Cek Proses Belajar

“Saya memiliki harapan yang besar kepada para mahasiswa untuk dapat menguasai baik itu kemampuan _hardskill_ maupun _softskill_ sehingga menjadi manusia yang unggul dan berdaya saing dalam menyongsong Indonesia Emas 2045,” Tuturnya.

Disamping itu, Menko Muhadjir juga melakukan kegiatan penanaman pohon di kawasan Edueco Creative Hub Universitas Tanjungpura. Jenis bibit yang ditanam yaitu Pohon Meranti Merah atau dikenal dengan Tengkawang Tungkul sebanyak 20 ribu bibit yang merupakan tumbuhan endemik Pulau Kalimantan.

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri pula oleh Wakil Bupati Bengkayang Syamsu Rizal, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Harisson, Perwakilan Universitas Anggota Asosiasi Program Studi Ilmu Politik (APSIPOL) se-Indonesia, serta seluruh Civitas Akademika Universitas Tanjungpura.(FN)

Tinggalkan Komentar