KOTA SERANG, NawacitaPost.com Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten saat ini tengah mempersiapkan beberapa hal dalam rangka menyambut Road Show Bus KPK 2022 dengan tema ‘Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi’ yang direncanakan akan berkunjung di wilayah Provinsi Banten. Sehingga diharapkan pihak-pihak terkait bersama-sama dapat turut menyukseskan kegiatan tersebut.

“Pada prinsipnya apa yang kita lakukan ini semoga dapat memberikan manfaat bagi diri kita dan masyarakat Provinsi Banten,” ungkap Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten M Tranggono dalam Rapat Koordinasi Persiapan Road Show Bus KPK 2022 di Wilayah Provinsi Banten bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten secara virtual, Selasa (20/9/2022) malam.

Tranggono juga menyampaikan, Road Show Bus KPK 2022 tersebut akan mengunjungi setidaknya 3 daerah yang ada di Provinsi Banten, diantaranya itu Kota Serang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang Selatan.

“Selain Provinsi Banten, Road Show Bus KPK 2022 ini juga ada di Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung. Dan informasinya saat ini Road Show Bus KPK tersebut masih berada di Provinsi Lampung dan selanjutnya akan mengujungi beberapa daerah di Provinsi Banten,”katanya.

Sementara, Plt Inspektur Daerah Provinsi Banten Usman Asshiddiqi Qohara mengatakan kegiatan tersebut juga merupakan salah satu rangkaian dalam menyambut Hari Antikorupsi Sedunia pada bulan Desember yang akan datang. Ada pun beberapa tujuan dari kegiatan itu diantaranya, membumikan isu-isu pemberantasan antikorupsi di masyarakat, mempererat keterlibatan masyarakat dalam program-program KPK dan lain sebagainya.

“Salah satu kegiatannya adalah penyuluhan antikorupsi, edukasi Pendidikan, kampanye dan sosialisasi antikorupsi dan lainnya,”ujarnya.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam pelaksanaan Road Show BUS KPK nantinya di Provinsi Banten, diantaranya Edukasi Antikorupsi Tenaga Pendidikan, Sosialisasi Aksi Aparatur Daerah, Kampanye Sosialisasi Aksi Masyarakat Umum, Diskusi Publik dan Pameran Pelayanan Publik.

Baca juga :  TMMD ke-112 Kota Cilegon dipusatkan di Kelurahan Mekarsari 

Tidak hanya itu, dirinya juga mengungkapkan dalam Road Show Bus KPK juga akan berkunjung ke Pondok Pesantran, sebagai ikon Provinsi Banten yang dikenal dengan Kota Santri 1000 Pesantren 1000 kyai. “Sehingga dibutuhkan kolaborasi yang sangat baik,”tandasnya.

Sebagai informasi, Bus Antikorupsi pertama kali diluncurkan pada tahun 2014, lalu dilanjutkan pada 2018 di Jawa Barat dan Jawa tengah, serta tahun 2019 Bus Antikorupsi mengunjungi 28 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Adapun waktu rencana Road Show Bus KPK akan berkunjung di Kota Serang pada 30 September hingga 2 Oktober 2022, Kota Cilegon 4 s.d 5 Oktober 2022 dan Kota Tangerang Selatan 7 s.d 9 Oktober 2022.(FN)

Tinggalkan Komentar