KOTA SERANG, NawacitaPost.com Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengikuti Peringatan Upacara Taptu oleh jajaran Korem 064/Maulana Yusuf di gerbang utama Pendopo Lama Gubernur Banten, Selasa malam (16/8/2022). Tradisi kemiliteran sejak menjelang Hari Kemerdekaan untuk meningkatkan kewaspadaan di tengah tugas dan panggilan negara.

Peringatan Upacara Taptu juga dirangkaikan dengan Pawai Obor yang diikuti oleh peserta dari TNI/Polri, Siswa SMA/SMK, serta masyarakat di Kota Serang. Pawai menempuh rute sepanjang 3 KM berkeliling di sekitar Kota Serang.

Seusai upacara, Al Muktabar mengatakan, Upacara Taptu ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menjelang HUT RI Ke-77.

“Kita ikuti sesuai Prokes, meskipun kasus Covid-19 di Banten sudah mulai melandai. Namun tadi antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan ini sungguh luar biasa,” katanya.

Al Muktabar menambahkan, Upacara Taptu ini diharapkan bisa menjadi bahan renungan untuk diri kita, sehingga lebih menghargai lagi atas jasa-jasa para pahlawan Kemerdekaan RI yang telah gugur mendahului kita.

“Tugas kita saat ini adalah bagaimana mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai hal positif yang dapat berguna bagi bangsa dan negara. 77 tahun kemerdekaan Indonesia kondisinya saat ini sudah lebih baik. Dan kita berharap semoga bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Provinsi Banten juga lebih baik dan produktif guna kesejahteraan bersama,” katanya.

Masih menurut Al Muktabar, makna Taptu ini tidak hanya sebatas kebersamaan seluruh stakeholder dalam rangka memeriahkan dan menghormati kemerdekaan ini. “Lebih jauh dari itu ada makna yang mendalam pada tradisi ini dimana kita bisa saling mengenang dan mengingatkan dan tentu prinsip dan filosofi Merah Putih,” pungkasnya.(FN)

Baca juga :  Dua Tahun Lagi, Bendungan Karian Ditargetkan Selesai Dibangun