Nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COMPresiden Joko Widodo tiba di lokasi PT sorgum Indonesia Kamis(2/6/2022) yang berlokasi di Laipori, disambut antusias oleh warga masyarakat yang menunggu di lokasi PT Sorgum Indonesia.

Presiden Jokowi yang mengunjungi PT sorgum Indonesia direncanakan akan melakukan penanaman panen dan peninjauan olahan sorgum.

Menanam sorgum

Setelah mendarat di Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu, Jokowi dan rombongan bergerak menuju Desa Palakahembi di Kecamatan Pandawai untuk panen perdana dan menanam sorgum.

Nawacitapost.com

Dalam kunjungan ke Sumba Timur, Jokowi ditemani Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

Humas PT. Sorgum Indonesia, Alfons Deak, menyebutkan, selain menanam sorgum, Jokowi juga bertemu dengan warga.

Menurut Alfons, penanaman sorgum oleh PT. Sorgum Indonesia baru berlangsung tiga bulan terakhir. Saat ini, kata dia, telah memasuki masa panen.

“Ini masih tahap uji coba dan sudah ditanam sorgum di lahan seluas 60 hektar,” kata Alfons.

Pihaknya, menyiapkan lahan seluas 4.000 hektar untuk ditanam sorgum. Sorgum yang ditanam di Sumba Timur dinilai terbaik dibandingkan sorgum yang ditanam oleh PT. Sorgum di daerah lain.

Alfons mengatakan, dalam satu pohon sorgum memiliki antara 500-600 gram biji dan masa panen lebih cepat yakni antara 83-84 hari.

Baca juga :  Presiden Jokowi Ingin Papua Barat Jadi Produsen Pertanian di Wilayah Indonesia Timur