Nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karanvian bakal melantik penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan pada bulan Oktober mendatang.

Nama-nama itu rencananya akan diserahkan Tito Karnavian kepada Presiden Jokowi di Bulan September atau satu bulan sebelum pelantikan.

“Yang nanti bulan Oktober (pelantikan Pj Gubernur DKI Jakarta) satu bulan sebelumnya, September sudah ada (tiga) nama kita ajukan ke Bapak Presiden,” kata Tito kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).

Senada dengan DKI, Tito menyebut pihaknya juga akan mengajukan tiga nama calon Pj Gubernur Aceh yang akan dilantik pada bulan Juli nanti. Tiga nama itu nantinya juga akan diusulkan ke Jokowi.

“Yang mungkin nanti sudah bulan Juni, kita sudah mulai mendapatkan nama-nama untuk 3 nama diajukan ke Bapak Presiden,” ujar Tito.

Tito Karnavian sebelumnya melantik lima Pj Gubernur yakni Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat. Dalam beberapa bulan ke depan, Tito menyebut pihaknya juga bakal melantik Pj Gubernur Aceh dan DKI Jakarta.

“Bulan Juli Aceh, bulan Oktober DKI Jakarta,” kata Tito kepada wartawan, di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (12/5).

Tito mengatakan posisi Pj Gubernur Aceh saat ini masih dalam proses penjaringan. Sedangkan untuk Pj Gubernur DKI Jakarta baru akan dimulai prosesnya pada September mendatang.

“Aceh sekarang kita lagi penjaringan. Sama juga nanti Oktober juga sebulan sebelumnya, September kita sudah dapat nama dan kita diajukan ke Pak Presiden,” ucap Tito.

Tito juga memberikan kisi-kisi bakal calon Pj Gubernur DKI. Yang terpenting menurutnya tidak tersandung sebuah persoalan atau kasus.

Yang pertama, ada masalah nggak dia atau tidak, kita profiling. Yang kedua, apakah potensi ada kasus atau tidak. Jangan sampai dipilih terus ada masalah,” ungkapnya.

Baca juga :  Gawat! Ketua KPK Firli Bahuri: Anies Baswedan segera Dipanggil Terkait Korupsi Tanah di Munjul Jaktim