Nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 2022 tidak terganggu wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang terjadi di beberapa Kabupaten Aceh dan Kabupaten di Jawa Timur.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Nasrullah mengatakan, kebutuhan ternak untuk hewan kurban aman yang dimana biasanya stoknya hanya 10-20 persen dari total populasi yang ada.

“Untuk Idul Adha kami optimistis Insya Allah tersedia. Pengalaman-pengalaman sebelumnya hanya 10-20 persen dari populasi yang dipakai,” ujarnya dalam jumpa pers virtual, Rabu (11/5/2022).

Lebih lanjut Nasrullah menuturkan, Kementan akan membuat SOP tentang prosedur mobilasisasi hewan ternak dari satu wilayah ke wilayah lainnya dengan aman tanpa terinveksi wabah PMK.

“Mudah-mudahan satu sampai dua minggu sebelum Idul Adha kami sudah punya itu, sehingga masyarakat kaum Muslim bisa melaksanakan kurban dengan aman dan sehat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Kementan telah menetapkan ada 2 daerah yang dilanda wabah PMK pada hewan yaitu Kabupaten Aceh dan Kabupaten di Jawa Timur.

Untuk Kabupaten Aceh, ada 2 daerahnya yang terpapar yaitu Kabupaten Aceh Tamiang dan Aceh Timur. Sementara Jawa Timur terdiri dari Gresik, Sidoarjo, Lamongan, dan Mojokerto.

Baca juga :  Muhadjir Effendy Menko PMK : Protokol Kesehatan, Esensi Pengorbanan Melawan Covid 19