Nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Wang Yunzhou (40), seorang Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di proyek Pembangkitan listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya, Aceh, dipulangkan ke negara asalnya di China.

TKA itu viral dipulangkan setelah sebelumnya viral di media sosial karena mengenakan seragam ala militer.

“Pemulangan TKA ini difasiltasi langsung  oleh pihak perusahaan,” kata Kepala Kantor Imigrasi Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kelas II Meulaboh, Aceh Barat Azhar.

Kepala Kantor Imigrasi, Azahar menjelaskan, kepulangan Yunzhou dilakukan pihak perusahaan karena tindakannya memakai seragam ala tentara, telah membuat kegaduhan di masyarakat.

Proses pemulangan TKA terebut, dilakukan dari Bandar Udara Internasional Sultan iskandar Muda Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Provinsi Banten kemudian dilanjutkan ke negara asal.

Azhar menjelaskan, Wang Yunzhou merupakan seorang teknisi atau tenaga ahli di perusahaan induk PT Tianjin di China, dan datang ke Indonesia untuk melakukan  pemeriksaan atau penilaian hasil di lokasi proyek pembangunan PLTU 3-4 Nagan Raya, Aceh.

Azhar mengatakan motif TKA tersebut menggunakan seragam ala militer karena hanya iseng saja melihat anggota pengaman di lokasi proyek PLTU 3-4 Nagan Raya di TNI berpakaian militer/loreng.

Letkol Inf Setyo Wibowo, mengatakan pekerja asal China ini saat itu tengan bertugas di pint penjagaan PLTU, membantu petugas yag terkendala bahasa lantaran di lokasi PLTU banyak pekerja asal China.

 

Baca juga :  Saham-Saham China Sedikit Lebih Tinggi