SERANG, NawacitaPost.com Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meresmikan Wise Gallery di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Rabu (16/3). Andika berharap kehadiran gerai produk ekonomi kreatif kerajinan UMKM di lobi hotel berbintang di Ibukota Provinsi Banten tersebut dapat berdampak langsung terhadap peningkatan pendapatan para UMKM pengrajin pemasok produknya.

“Dan yang tidak kalah pentingnya ini kan semacam etalase untuk memperkenalkan produk ekraf kerajinan UMKM Banten kepada orang dari luar Banten yang menginap di hotel ini,” kata Andika kepada pers usai peresmian.

Usai melakukan gunting pita sebagai tanda diresmikannya galeri tersebut, Andika tampak diajak berkeliling mengamati produk-produk ekraf yang dijajakan. Tampak di antaranya kerajinan tangan hiasan interior rumah, makanan olahan hingga fashion. Andika menyebut produk-produk yang dijajakan di galeri tersebut memiliki kualitas desain dan bahan yang baik. Andika optimistis produk-produk tersebut dapat disukai tamu hotel untuk dijadikan buah tangan atau oleh-oleh khas dari daerah Banten. “Ya harapannya ini bisa jadi semacam tonggak kebangkitan UMKM dan ekonomi kreatif di Banten,” ujarnya.

Lebih jauh Andika meminta upaya-upaya promotif seperti itu agar bisa dilakukan lebih massif lagi, agar dampak positifnya bisa dapat lebih dirasakan oleh para pelaku UMKM dan ekraf di Banten. Andika mengapresiasi pola-pola kolaboratif yang dilakukan dengan terwujudnya keberadaan galeri ekraf seperti itu di lobi sebuah hotel berbintang yang tentunya banyak memiliki tamu dari luar Banten dan membutuhkan buah tangan untuk di bawa pulang.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Agus Setiawan mengatakan, keberadaan galeri tersebut merupakan buah usaha kolaboratif berbagai pihak yang menginginkan kemajuan UMKM dan industri kreatif di Banten. “Dinas Pariwisata sendiri sebetulnya hanya melakukan fungsi koordinasi agar project ini terwujud antara asosiasi pengrajin dengan pihak pemilik tempat. Tentu saja kami support agar galeri-galeri ini semakin banyak,” ujarnya.

Baca juga :  Fornisel Siap Tuntaskan Pemerataan Bansos

CEO WISE Gallery Karlina Meulila mengatakan, harapannya Wise Gallery dapat hadir di setiap hotel – hotel yang ada di Banten. Itulah hal yang menjadi dasar untuk selalu siap dalam mempromosikan produk asli Banten untuk terus dikenal. Sebelumnya, kata dia,
Wise Gallery juga tersedia di Maxxbox Karawaci. Saat ini jumlah anggota pelaku ekraf yang bergabung berjumlah 100 orang dan akan menjaring pelaku ekraf yang lain untuk bergabung.(FN)