Labuan Bajo, NAWACITAPOST.COM – Dengan banyaknya masyarakat Manggarai Barat, terlebih Labuan Bajo yang belum menerima vaksin booster, maka Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menggelar Vaksinasi Dosis Lanjutan (Booster) Bagi Pelayan Publik, Pelaku Pariwisata dan Pelaku Usaha Usia Diatas 18 Tahun yang dilaksanakan di Aula Youth Center, gereja Paroki Roh Kudus Labuan Bajo.

Pelaksanaan vaksin booster ini terjadwal dan dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Maret 2022 sampai dengan 25 Maret 2022. Pada kesempatan ini, Kantor Imigrasi Labuan Bajo mendapatkan kuota vaksinasi pada hari Rabu (16/03) dengan 6 (enam) pegawai yang menerima vaksin booster jenis Pfizier.

Pelaksanaan vaksin booster didukung penuh oleh Marciana Dominika Jone, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur, bahwa seluruh pegawai dibawah jajaran Kanwil Nusa Tenggara Timur wajib melakukan vaksin booster atau vaksin dosis ketiga sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Nusa Tenggara Timur.

Kepala Kantor Imigrasi Labuan Bajo, Jaya Mahendra menjelaskan pemberian vaksin booster jangan sampai membuat pegawai menjadi lalai dengan protokol kesehatan.

“Meskipun sudah menerima vaksin booster, jangan sampai jumawa dengan kesehatan, harus tetap menerapkan protokol kesehatan, baik dalam lingkungan kantor maupun di rumah”, ungkap Jaya Mahendra.

Dari data yang sudah tercatat hingga Rabu (16/03), sebanyak 16 pegawai atau sekitar 60% dari keseluruhan pegawai Kantor Imigrasi Labuan Bajo yang berjumlah 27 orang telah menerima vaksin booster. Sedangkan untuk vaksin primer (dosis pertama dan kedua), sebanyak 100% atau 27 pegawai Kantor Imigrasi Labuan Bajo.

Pegawai lainnya yang belum menerima vaksin booster dikarenakan belum memenuhi persyaratan vaksin booster karena sedang sakit, serta ada yang sedang cuti. Ada pula pegawai penyintas Covid-19, namun belum bisa menerima vaksin booster karena jarak vaksin booster setelah positif COVID bagi pasien gejala berat diberikan setelah 3 bulan sembuh dan untuk gejala ringan setelah 1 bulan sembuh. Meskipun demikian, Jaya Mahendra menargetkan seluruh pegawai Kantor Imigrasi Labuan Bajo telah melakukan vaksin booster pada tahun 2022 ini agar pemohon dapat merasa aman saat melakukan permohonan di Kantor Imigrasi Labuan Bajo.

Baca juga :  Inilah Manfaat Ganda Minum Obat Pencegah Kaki Gajah

Vaksin booster bertujuan untuk memberikan tambahan efek proteksi usai hasil studi yang menunjukan bahwa selama masa 3-6 bulan pasca menerima vaksin primer (dosis pertama dan kedua), proteksi yang didapatkan sudah menurun, serta merupakan salah satu langkah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Manggarai Barat.

Selain penerimaan vaksin booster kepada pegawai, Kantor Imigrasi Labuan Bajo telah melakukan sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi di setiap pintu masuk kantor, pemberian masker dan multi vitamin, swab Antigen setiap 2 minggu sekali, pelaksanaan WFH/WFO, serta sterilisasi Kantor dengan disinfektan.