MAKASSAR, NawacitaPost.com Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto pantau pemberian vaksin ketiga (Booster) pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas 1 Makassar, Sabtu (5/2).

Kakanwil Harun mengatakan, capaian vaksinasi bagi WBP di 24 UPT Pemasyarakatan di Sulsel telah mencapai 98,44%. Khusus Lapas Makassar sudah mencapai 98,48%. Per tanggal 3 Februari 2022 dari total 923 WBP, yang telah divaksin dosis pertama sebanyak 7 orang dan dosis lengkap (1 dan 2) sebanyak 902 orang.

WBP yang  belum divaksin sama sekali sebanyak 14 orang karena alasan Kesehatan saat ini masih dalam perawatan oleh dokter dan paramedis Lapas Makassar agar dapat di vaksin.

Harun menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan sinergi semua pihak yang telah membantu dan mensukseskan vaksinasi ke tiga (booster) terhadap WBP Lapas Makassar dan petugas.

Ditengah meningkatnya kasus Covid-19 varian omicron, terus lakukan prokes ketat di dalam lapas dan tingkatkan imunitas, menjaga pola hidup sehat serta rajin berolahraga, serta berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar Warga Binaan Pemasyarakatan maupun petugas Lapas semuanya sehat.

Kalapas Makassar Hernowo Sugiastanto mengatakan sebanyak 149 WBP terdaftar untuk menerima vaksin, namun yang divaksin hanya 147 orang, sedangkan 2 orang lainnya tidak lulus screening Kesehatan dikarenakan tekanan darahnya tinggi serta sakit.

Sedangkan untuk petugas terdaftar 186 orang dan memenuhi syarat untuk divaksin sebanyak 184 orang. “Pelaksanaan vaksinasi ini melibatkan 17 tenaga Kesehatan dari Rumah Sakit Pelamonia Makassar dan tim medis Lapas dan Rutan  Makassar,” Kata Hernowo.

Hernowo menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan atas fasilitasi dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) FK KMK Sulsel, BKKBN Sulsel, dan Rumah Sakit Pelamonia Makassar.

Baca juga :  Kakanwil Kemenkumham Sulsel Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Deputi Latbang BKKBN Prof. Muhammad Rizal Martua Damanik, Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Andi Ritamariani, Kepala Lapas Makassar Hernowo, Ketua Kagama Sul Sel Prof Farida Patittingi, dan Kepala Rumah Sakit Tk II Pelamonia Makassar Kol ( Ckm )dr. Krisna Murti.Sp.BS.(Humas).