SERANG, NawacitaPost.com Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang kembali menggelar Pemilihan Kang Nong Kabupaten Serang Tahun 2022. Pendaftaran duta wisata ini telah dimulai sejak Tanggal 17 Januari hingga 15 Februari mendatang.

“Ini kesempatan bagi generasi milenial untuk menggali potensi diri, mengasah minat bakat, dan meningkatkan pengetahuan. Tentu lebih berkontribusi positif bagi Kabupaten Serang, terutama bidang pariwisata,” Kepala Bidang Pemasaran dan Kemitraan Usaha Jasa Pariwisata pada Disporapar Kabupaten Serang, Eeng Kosasih melalui keterangan tertulis, Senin (24/1/2022).

Menurut Eeng, dalam membangkitkan ekonomi pariwisata di tengah pandemi Covid-19 diperlukan kontribusi masyarakat, terutama generasi muda. Oleh karena itu, tema utama Pemilihan Kang Nong 2022 terkait kebangkitan ekonomi dan digitalisasi.

Eeng menjelaskan, Pemilihan Kang Nong digelar per dua tahun, dan terbuka bagi pemuda berusia 17-24 tahun serta berdomisi di Kabupaten Serang. Info lebih lanjut bisa dilihat di Instagram @kangnongkabserang. “Para calon peserta juga bisa mendaftar di Kantor Disporapar Kabupaten Serang,” ujarnya.

Rangkaian pemilihan Kang Nong Kabupaten Serang dimulai pendaftaran pada 17 Januari hingga 15 Februari, audisi I pada 18-19 Februari, audisi II pada 20 Februari, pengumuman 20 besar pada 22 Februari, karantina pada 4-9 Maret, dan grand final pada 12 Maret.

Eeng mengungkapkan, Disporapar dan Paguyuban Kang Nong Kabupaten Serang telah melakukan roadshow ke sejumlah SMA/SMK untuk menyosialisasikan kegiatan ini. “Alhamdulillah antusiasi para siswa menyambut pemilihan kang nong ini cukup baik. Dan saat ini sudah ada para siswa yang mendaftar. Semoga semakin banyak yang berpartisipasi,” ujarnya.

Bagi peserta yang lolos 20 besar, kata Eeng, akan dilakukan karantina terlebih dahulu sebelum masuk ke grand final. Pada kesempatan tersebut, para peserta akan diberi berbagai pengetahun, keterampilan, dan peningkatan bakatnya masing-masing. Terutama pengetahuan di bidang pemuda dan pariwisata.

Baca juga :  Ini Catatan Menhub Terkait Penyelenggaraan Mudik 2017

“Pada momen karantina, para peserta akan ditempa baik pengetahuan maupun mentalnya. Agar peserta juga menjadi generasi berkualitas secara agama, moral, pengetahuan, dan keterampilan. Tentu pada final nanti, berbagai hadiah menanti para pemenang,” ujarnya.

Plt Kepala Disporapar Kabupaten Serang, Hamdani mengatakan, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah pernah menyampaikan pentingnya sinergi dalam pengembangan dan peningkatan ekonomi pariwisata. “Sinergi bersama para pemuda tentu ini menjadi utama. Maka kami mengajak generasi muda di Kabupaten Serang untuk ikut serta dalam kegiatan ini,” ujarnya. (FN).