TUAL, NawacitaPost.com Pemberdayaan WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) Lansia Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tual sebagai kelompok Tani dilakukan dengan memberikan pelatihan penanaman sayuran. Bagi Lansia dengan metode yang mudah diterima oleh para lansia sehingga menambah pengetahuan dan keterampilan.” Ungkap Muh. Alamsyah (KPLP LAPAS TUAL) sebagai pendamping kelompok Tani Lansia.

Kasubsi Kegiatan Kerja “Kenneth Huwae” mengatakan, hasil dari pertanian tersebut tidak hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) di Lapas, tetapi juga dipasarkan ke masyarakat sekitar, sehingga menambah penghasilan bagi Lansia.

Pada kesempatan tersebut, “Kodir selaku Kalapas Tual mengatakan akan terus meningkatkan pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). “Salah satu yang dilakukan adalah dengan menggandeng Dinas Pertanian baik dari Kabupaten Maluku Tenggara Maupun Kota Tual,” ungkapnya.

Menurutnya, diperlukan kerja sama dengan instansi terkait dalam menciptakan narapidana yang produktif melalui program pembinaan yang berkelanjutan. “Dibutuhkan sinergi yang baik dengan stakeholder dalam menjalankan Sistem Pemasyarakatan demi menciptakan narapidnana yang mandiri dan produktif,” imbuhnya.

Menurut Plh Kasi Binadik Martha, S.Sos “Berbagai kegiatan yang diikuti oleh para Lansia, membuat Lansia menjadi aktif, sehingga membawa dampak positif bagi spikis Lansia karena mereka tidak disingkirkan dari kehidupan sosial didalam Lapas, serta tidak merasa jenuh dalam menjalani hukumannya.

Semakin besar keterlibatan mereka dalam berbagai aktivitas didalam Lapas, maka akan semakin puas dan bangga dengan kehidupan mereka setelah kembali ketengah-tengah masyarakat dan keluarga,”Lanjutnya.(FN).

Baca juga :  Dua Napi Lapas Tual Jalani Asimilasi di Rumah