BANTEN, NawacitaPost.com Berdasarkan data hasil update BPBD Provinsi Banten sampai hari Minggu pukul 16.00 WIB (16/1/2022),  dampak Gempa Banten 14 Januari 2022 mencakup 4 (empat) wilayah di Provinsi Banten, yaitu Kab. Pandeglang, Kab. Lebak, Kab, Serang dan Kab. Tangerang. Dari keempat wilayah, dampaknya tersebar pada 54 Kecamatan dan 209 Desa/Kelurahan.  Namun, dinyatakan sudah tidak ada pengungsi pada area terdampak tersebut.

“Masyarakat yang rumahnya terkena dampak numpang di rumah sanak saudaranya yang tidak terkena dampak,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Banten, Nana Suryana.

“Adapun untuk jumlah rumah yang rusak berdasarkan pendataanya sampai petang tadi mencapai 2.449 rumah,” tambahnya. Sebanyak 1.587 rumah rusak ringan, 488 rusak sedang dan 374 rumah rusak berat.

Masih menurut Nana, Gempa Banten bermagnitudo 6,6 tersebut,juga  menyebabkan sekolah yang rusak mencapai 44  unit, 14 Puskesmas, 9 sarana ibadah, 4 kantor pemerintahan dan 3 tempat usaha.

Tambahan jumlah kerusakan itu berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan oleh tim BPBD di daerah, termasuk di Kabupaten Tangerang yang ditemukan 3 (tiga) rumah rusak sedang pada dua Kelurahan/Desa yang terbagi dalam dua kecamatan.

“Kami terus melakukan pendataan sesuai dengan instruksi Bapak Gubernur paska kejadian gempa kemarin,” ujarnya.(FN).

Baca juga :  Prof. Yasonna Laoly dipercaya Megawati Menjadi Ketua Bidang Hukum HAM dan Perundang-undangan