SERANG, NawacitaPost.com Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa memastikan pada pekan depan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 sampai 12 tahun dimulai. Menyusul, vaksinasi masyarakat usia di atas 12 tahun sudah mencapai 69,58 persen pertanggal Kamis, 6 Januari 2022.

“Insya Allah nanti minggu depan kita sudah mulai garap (vaksinasi) anak-anak dari mulai umur 6 sampai 12 tahun,”ujar Pandji usai rapat evaluasi percepatan vaksinasi bersama unsur Forkopimda dan di ikuti para camat dna kepala puskesmas di 29 kecamatan secara virtual di Pendopo Bupati Serang pada Jum’at, 7 Januari 2022.

“Minggu depan kita akan adakan rapat persiapan teknis dulu, sehingga kegiatan ini masih kompak seperti yang kita lakukan dan melibatkan semua unsur,”lanjut Pandji.

Oleh karena itu Pandji meminta kepada para camat, kepala desa dan kepala puskesmas untuk mengadakan juga rapat koordinasi kepada para kepala sekolah untuk meyakinkan kepada para orang tua siswa. Bahwa, pihaknya menjamin vaksinasi kepada anak-anak aman.

“Jangan khawatir karena nanti sebelum diadakan vaksinasi akan di adakan kegiatan skrining, jika skrining tidak layak di vaksin itu tidak akan di vaksin, tapi kalau sehat tetap di vaksin,”terangnya.

Sedangkan untuk vaksinasi masyarakat usia di atas 12 tahun tetap dilaksanakan agar bisa mencapai 100 persen sampai akhir Desember 2022 mendatang dari target sebanyak 1.259.754 orang. Namun untuk angka capaian 70 persen sebagai syarat dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melanjutkan vaksinasi anak-anak.

“Jadi jangan menggarap anak-anak dulu kalau belum 70 persen, nah kita sudah mencapai 70 persen makannya kita tidak mau kalah dengan kabupaten kota lain. Apalagi sekarang pak kapolres dan pak dandim semua juga akan memasukan P cer masuk ke Faskes Kabupaten Serang,”ungkap Pandji.

Baca juga :  Jalin Sinergitas Dengan Perguruan Tinggi, Kanwil Kemenkumham Sumut tandatangani PKS dengan Universitas Prima Indonesia

Selain unsur forkopimda, turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Asda I, Nanang Supriatna, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rachmat Maulana, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan untuk merealisasikan vaksinasi anak usia 6 sampai 12 tahun pihaknya berkirim surat ke Kementrian Kesehatan (Kemenkes), Kemendagri dan Gubernur Banten. Tujuannya agar Kabupaten Serang bisa memulai walaupun memang pencapaian data per KTP maupun Faskes belum 70 persen.

“Hari ini kita koordinasikan. Sedangkan untuk capaian vaksinasi per 6 Januari 2022 berdasarkan KTP sudah 69,58 persen, perhari ini Insya Allah sudah 70 persen data KCPN (Komite Penanganan Covid-19 dna Pemulihan Ekonomi Nasional),”ujar Agus.(FN).