SERANG, NawacitaPost.com Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Serikat Pekerja Badan Penyelenggara Jaminas Sosial Ketenagakerjaan Banten (SP BPJSTK) Banten menanam sebanyak 440 bibit pohon buah dan penyebaran 4.400 bibit ikan tawar di Kawasan Bendungan Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang pada Jum’at, 17 Desember 2021.

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa yang turut secara simbolis menanam bibit pohon buah mengimbau dan berharap dan mengajak kepada warga setempat agar menjaga dan merawatnya. “Saya mengimbau kepada masyarakat disini jaga dan pelihara tanaman yang kita tanam,”ujar Pandji usai penanaman pohon.

Pandji juga berharap, penanaman pohon bukan hanya acara seremonial saja namun pihaknya juga memohon juga kepada masyarakat bisa menjaga dan memelihara agar yang di tanamnya tumbuh. “Jadi ukurannya bukan jumlah yang di tanam, tapi jumlah yang tumbuh. Ada berapa ratus yang tumbuh besar dari 440 pohon, saya berharap bisa tumbuh semua sampai menjadi besar, harapan saya,”katanya.

Dengan ditanamnya bibit pohon buah dan penyebaran bibit ikan tawar, Pandji mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mengapresiasi khususnya kepada Serikat Pekerja BPJS Ketenagakerjaan Banten yang demikian peduli terhadap aset daerah.

“Ini aset daerah, aset wilayah. Bendungan Sindangheula aset wilayah walaupun penangguang jawabnya Balai Besar, tapi ini Bendungan Sindangheula ini aset Kabupaten Serang,”ungkap Pandji.

Dia menyebutkan, bahwa dengan penyebaran bibit ikan tawar bentuk kepedulian ini terhadap masyarakat. Sedangkan penanaman bibit pohon buah bentuk kepedulian untuk menjaga kelestarian lingkungan. “Harapan saya tentunya apa yang sudah di contohkan serikat pekerja BPJS Ketenagakerjaan bisa di tiru serikat pekerja lainnya atas kepedulian terhadap lingkungan, kepedulian sosial, kemasyarakatan dan sebagainya,”ucap Pandji.

Dengan terlaksananya kegiatan tersebut, tambah Pandji, tentunya atas dukungan dari manajemen BPJS secara keseluruhan. “Sekali lagi kita apresiasi atas nama pemda dan masyarakat Kabupaten Serang,”tutur Pandji.

Baca juga :  Kapolri Berikan Pidato Kebangsaan pada Angkatan Muda Muhammadiyah

Ditempat yang sama Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Abdurrahman Irsyadi mengatakan, penanaman 440 bibit pohon buah dan 4.400 penyebaran bibit ikan tawar merupakan rangkaian HUT BPJS ke-44. Dia berharap kepada para serikat pekerja di Kabupaten dan Kota Serang juga bisa melakukan hal yang sama.

“Ini bisa memberikan kontribusi ekonomi yang baru. Kawasan ini juga strategis karena menjadi pusat pusat cadangan air, kemudian nampung kalau ada hujan dan sebagainya mudah-mudahan masyarakat dapat merawat juga,”ujarnya

Selain itu, kata Abdurrahman, kegiatan penanaman pohon dan penyebaran ikan sebagai bentuk apresiasi BPJS kepada Pemkab Serang dan Pemkot Serang yang telah mendukung program BPJS melalui peraturan daerah (perda) terhadap impelemntasi Inpres Nomor 02 Tahun 2021.

“Ini salah satu apresiasi kami juga memberikan kontribusi sebagai karyawan. Mudah-mudahan kegiatan ini menular ke teman-teman serikat pekerja di Kabupaten Serang maupun Kota Serang karena bendungan sindangheula ini kan milik kita bersama,”tuturnya.(FN).