Di Rakerda Karang Taruna Tangsel, Wagub: KT Harus Pelopori Kebangkitan Ekraf & UMKM

0
205

TANGSEL, NawacitaPost.com Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menghadiri Rakerda atau Rapat Kerja Daerah Karang Taruna (KT) Kota Tangsel di Aula Puspemkot Tangsel, Rabu (1/12). Dalam sambutannya Andika meminta Karang Taruna menjadi pelopor kebangkitan ekonomi kreatif dan UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Saya berharap kepada Karang Taruna dapat terus menumbuh kembangkan berbagai bentuk usaha kesejahteraan sosial dan kreasi produktif khususnya pada sektor pengembangan ekonomi masyarakat di seluruh wilayah Desa/ Kelurahan se-Provinsi Banten,” kata Andika yang juga Ketua Umum KT Provinsi Banten tersebut. Karang Taruna sebagai organisasi pemuda, kata Andika, terbentuk karena adanya kepedulian dan tanggung jawab para pemuda dalam menampung aspirasi masyarakat.

Pada masa pemulihan pandemi Covid-19 saat ini, lanjut Andika, nilai-nilai gotong royong harus senantiasa diimplementasikan. Gerakan swadaya masyarakat bersama-sama pemerintah daerah, perguruan tinggi, pelaku industri, TNI, Polri, media massa diharapkan dapat membantu masyarakat terdampak Covid-19. “Khususnya dalam bentuk pelayanan sosial bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar, yang meliputi rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial,” imbuhnya.

Karang Taruna, lanjutnya, memiliki kekuatan modal sosial yang sangat strategis untuk memperkuat kesetiakawanan sosial, kebersamaan dan pengabdian
terutama di bidang kesejahteraan sosial. “Untuk itu, segenap warga Karang Taruna Provinsi Banten, saya harapkan dapat melaksanakan tugas-tugas pelayanan
dan penanganan masalah sosial,” ujarnya.

Menurut Andika, warga Karang Taruna menjadi mitra kerja pemerintah daerah di bidang pembinaan generasi muda yang potensial. Karena itu, lanjutnya, Karang Taruna Kota Tangerang Selatan sebagai rumah besar bagi generasi muda dapat meningkatkan potensi, tanggung jawab, karakter, kapasitas dan peran aktif pemuda dalam pembangunan daerah di Kota Tangerang Selatan.

Menurut Andika, Karang Taruna sebagai pekerja sosial mempunyai tugas pokok membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar. Karena itu, segenap warga Karang Taruna diharapkan mengembangkan, memelihara dan memperkuat sistem usaha kesejahteraan sosial sehingga sistem usaha kesejahteraan sosial khususnya di wilayah Desa/Kelurahan dapat menangani masalah kesejahteraan sosial.

Pada kesempatan tersebut Andika berdialog dengan peserta rakerda. Sejumlah peserta rakerda dengan latar belakang ekraf dan UMKM diminta Andika untuk menceritakan prospek usaha mereka yang digeluti serta kendala yang ada.

“Dari pengalaman teman-teman barusan, secara kelembagaan, Karang Taruna harus menjadi pionir dalam memfasilitasi kebangkitan¬† ekraf, mulai dari mendorong regulasi pemerintahnya sampai memfasilitasi permodalan dan pengembangan usahanya,” papar Andika.(FN).