Viral Jarum Suntik Bekas Berserakan di Kota Depok, Camat : Ini Sebuah Kejanggalan

0
150
Ilustrasi pembuangan limbah medis (dok. antara)

Jakarta, NAWACITAPOST – Setelah ramai di media sosial mengenai video yang menunjukkan temuan sampah jarum suntik yang diduga bekas vaksinasi di Kota Depok. Dalam video ratusan jarum suntik ditemukan di tempat sampah dekat SMKN 1 Tapos, Kota Depok.

Diketahui sebelumnya SMKN 1 Tapos telah menggelar vaksinasi massal pada minggu lalu. Hal ini secara langsung dibenarkan oleh Plt Camat Tapos Anwar Nasihin, Ia juga membenarkan bahwa pelaksanaa vaksin sudah sepekan lalu.

“Vaksinnya minggu kemarin. Iya (limbah sudah sepekan),” kata Anwar saat dilansir melalui detik.com, Senin (26/07/2021).

Dalam keterangan video tersebut bahwa pemilik video tidak sengaja menemukan jarum suntik di tempat sampah.

“Min, saya dan teman nggak sengaja nemuin bekas suntikan di tempat pembuangan sampah di kawasan RT 01 RW 01 Cimpaeun, Tapos, Depok, nggak jauh dari SMK Negeri di area situ,” bunyi keterangan unggahan video itu Senin (26/07/2021).

Menanggapi hal ini Anwar mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok untuk pelaksanaan vaksinasi dan telah memberi pengarahan mengenai limbah jarum suntik. Dalam pengarahan tersebut, petugas diminta mengumpulkan sisa medis bekas vaksinasi.

“Dalam pelaksanaan vaksin itu, untuk limbah medis memang sudah dapat briefing khusus dari Dinkes. Limbah medis itu dikumpulkan di kantong yang telah ditentukan dan diambil Satpol PP, nanti diambil oleh Dinkes,” jelasnya.

Setelah pelaksanaan vaksin, Anwar menjelaskan bahwa petugas kebersihan sudah membersihkan sampah sisa peralatan medis. Jarum suntik bekas vaksin disatukan kedalam wadah plastik kemudian telah dibuang, untuk temuan jarum suntik tersebut menurutnya adalah limbah medis yang terlewat sehingga tidak diangkut petugas.

“Nah waktu vaksin Kelurahan Cimpaeun itu kan selesai nginput dan lain-lain sore, itu ada petugas kebersihan waktu itu, sudah dibersihkan udah disisir. Hanya mungkin ternyata di bawah bangku ada sisa sedikit yang tertinggal,” katanya.

Selanjutnya Anwar telah menindaklanjuti laporan temuan sampah medis itu. Ia menambahkan limbah tersebut saat ini telah dibersihkan. Namun hingga saat ini Anwar masih menunggu hasil pendalaman dari Puskesmas dan Dinkes Kota Depok, pasalnya temuan ratusan jarum suntik terkesan janggal lantaran sampah bekas vaksinasi sudah diatasi langsung oleh satpol PP dan Dinkes.