GeNose Expired ! Pengguna Kereta Api Wajib Vaksin dan Swab

0
274

Jakarta, NAWACITAPOSTPemberlakuan PPKM yang mulai diterapkan hari ini hingga 20 juli mendatang merupakan upaya yang tengah dilakukan pemerintah untuk menekan angka kasus konfirmasi Covid-19. Menyusul kebijakan ini, seluruh stasiun yang menggunakan hasil  tes GeNose sebagai persyaratan warga dalam melakukan perjalanan kini sementara ditiadakan.

“Jadi untuk GeNose masih berlaku sampai tanggal 4 Juli, tanggal 5 sampai masa PPKM berakhir itu hanya PCR dan antigen. Itu untuk sementara waktu selama masa PPKM Darurat” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Stasiun Senen, Jakarta, Sabtu (03/07/2021).

Hasil tes GeNose masih berlaku untuk dua hari kedepan, di hari pertama pemberlakuan PPKM darurat dan 4 Juli besok, setelahnya hasil tes GeNose dihapuskan sementara dan bukan lagi menjadi syarat untuk melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kereta api.

Baca Juga : Pemberlakuan PPKM Darurat, Warga Dilarang Makan-Minum dan Berbicara

Persyaratan untuk melakukan perjalanan jauh bersama PT Kereta Api Indonesia, warga diharuskan memiliki surat keterangan sudah divaksin minimal untuk Dosis pertama, selain itu pengguna KAI wajib melampirkan surat hasil tes swab antigen (1×24) jam dan PCR (2×24) jam.

Kebijakan tersebut berdasarkan pada keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kepala Humas PT KAI Jakarta menekankan seluruh calon penumpang yang akan menggunakan kereta api jarak jauh wajib memenuhi tiap persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah selama PPKM darurat.