Ooh Ternyata Anies Pernah Ditolak Menkes Terawan Saat Ajukan PSBB

0
120
Kematian Akibat Corona Capai 10%,  Anies : Ibu Kota Masuk Kategori Mengkhawatirkan

Jakarta, Nawacitapost – Sejumlah daerah dikabarkan sudah mengajukan izin penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai persebaran virus corona atau Covid-19, termasuk DKI Jakarta.

Akan tetapi, pengajuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu ditolak Menkes Terawan Agus Putranto. Penolakan itu tertuang dalam surat nomor KK.01.01/Menkes/227/2020 tertanggal 5 April 2020.

Dalam surat tersebut, Terawan menyebut keputusan ini dibuat berlandaskan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 tahun 2020 tentang PSBB dalam rangka percepatan penangan Covid-19.

Serta peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 tahun 2020 tentang pedoman PSBB dalam rangka percepatan penangan Covid-19.

“Permohonan penetapan PSBB dalam dua aturan tersebut harus disertai data dan dokumen pendukung,” kata Terawan Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto.

Di antaranya, peningkatan jumlah kasus menurut waktu, penyebaran kasus menurut waktu, kejadian transmisi lokal, dan kesiapan daerah tentang aspek ketersediaan kebutuhan hidup dasar rakyat.

Selain itu juga kesiapan sarana dan prasarana kesehatan, anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman sosial dan aspek keamanan.

“Mohon saudara dapat melengkapi data dan dokumen pendukung permohonan penetapan PSBB,” katanya.