Beredar Hoaks Nama Menteri Masuk Kabinet Jokowi II, Ini Tanggapan TKN Jokowi “Erick Thohir”?

0
258
TKN Jokowi Pada Pilpres (Erick-Thohir)

Jakarta, NAWACITA – Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, Erick Thohir menyebut orang yang menyebarkan hoaks draf nama menteri yang tertuang dalam risalah rapat di Sentul, Bogor, Jawa Barat, memiliki motivasi untuk masuk dalam Kabinet Kerja jilid II.

“Yang saya pahami pasti ada dua, satu yang tidak ingin pemerintah berhasil dengan mengeluarkan nama-nama yang kontroversi. Kedua, hal ini tersebar karena ada yang ingin jadi menteri. Saya rasa muncul benefit lah,” kata Erick Thohir, dikutip di Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Erick meyakini Presiden Jokowi akan mencari menteri-menteri yang memiliki visi untuk kemajuan ekonomi lima tahun ke depan sesuai dengan pidato visi Indonesia pada akhir pekan lalu. “Saya rasa lima langkah yang positif dan saya yakini lima langkah ini jadi penerapan yang harus benar dilakukan dan kementerian akan menjadi hal-hal bagian implementasi visi itu,” ujarnya.

Erick juga meminta publik untuk cerdas memahami dengan informasi-informasi nama-nama menteri yang diviralkan lewat medsos. Menurut dia, hoaks-hoaks serupa juga akan banyak bermunculan sampai pelantikan presiden dan wakil presiden pada Oktober 2019 mendatang.

Kendati demikian, Erick juga tak berniat ingin mengambil langkah hukum kepada orang yang menyebarkan hoaks tersebut.

“Pak Menkominfo ada jalur sendiri untuk tangkal isu ini. Ini yang kembali bahaya ke depan. Seperti interview hari ini, menjadi rekaman, bibir saya bisa diubah seperti saya ngomong sesuai suara. Harus diantisipasi. Itu lah bedanya sosmed dan media. Media ada check and balance, dan sosmed kurang bisa dipertanggungajwabkan,” ujarnya. (Ant)