Kemenkeu Cekal Penunggak Pajak Ke Luar Negeri, Kadin: Sangat Tepat

0
276

Jakarta, NAWACITA- Kementrian Keuangan mencekal para penunggak pajak untuk bepergian ke luar negeri. Hal ini merupakan upaya pemerintah dalam menyadarkan masyarakat untuk taat bayar pajak.

 

Langkah peningkatan kepatuhan bayar pajak ini diapresiasi oleh kalangan dunia usaha terutama dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin).

 

Menurut Sarman Simanjorang, Wakil Ketua Kadin Jakarta menegaskan agar penerapan kebijakan tersebut dilakukan secara hati- hati. Sebelum mencekal, baik Direktorat Jenderal Pajak maupun Direktorat Jenderal Imigrasi harus memiliki data valid mengenai tunggakan maupun kesalahan yang dilakukan oleh wajib pajak.

 

“Lakukan dulu semua proses penagihan, peringatan dan lain sebagainya, kalau tidak dipatuhi baru lakukan pencekalan. Jangan baru indikasi sudah langsung main cekal saja,” katanya Kepada awak media.

 

Selain itu, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direkotar Jenderal Imigrasi diminta untuk segera menginformasikan kepada masyarakat mengenai kebijakan tersebut. Sebab, walaupun sudah beredar luas, Sarman mengatakan bahwa rencana pencekalan penunggak pajak tersebut sampai saat ini belum disosialisasikan kepada masyarakat secara baik.

 

Banyak pengusaha yang belum mengetahui kebijakan tersebut. “Supaya tidak menimbulkan masalah, orang sudah beli tiket, tapi belum tahu kebijakan tersebut tahu-tahu mau ke luar negeri di bandara dicekal,” jelasnya.

 

Senada dengan Sarman, Pengamat Perpajakan dari Danny Darussalam Tax Center (DDTC), Bawono Kristiaji mengatakan bahwa sosialisasi merupakan titik terpenting dari kebijakan pencegahan wajib nakal ke luar negeri.

 

“Supaya wajib pajak bisa mengetahui konsekuensi dari setiap tindakan yang mereka lakukan dalam melaksanakan kewajiban pajaknya dan dalam konteks pencegahan itu sendiri,” imbuh dia.

 

DJP dan Ditjen Imigrasi pertengahan Mei lalu menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama dalam mencegah seseorang keluar negeri bila mereka memiliki catatan buruk dalam pembayaran pajak.

 

 

 

 

 

(Red: Faiz, sumber CNN)