Kepulan Asap Penuhi Ruangan Fahri, Gedung DPR Dikira Terbakar

0
175
Keterangan: Petugas kebakaran mendatangi Gedung Nusantara III Kompleks DPR, Senayan Jakarta, Senin (19/3/2018). Kristian Erdianto - Kompas.com

 

Jakarta, NAWACITA- Ruangan wakil ketua DPR RI Fahri Hamzah dihebohkan dengan letupan aerosol (tabung pemadam kebakaran) yang mengeluarkan banyak asap pekat yang dikira telah terjadi kebakaran.

 

Informasi yang didapatkan NAWACITAPOST , para karyawan yang berada di Gedung Nusantara III DPR RI berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri. Mereka mengira telah terjadi kebakaran yang menimbulkan kepulan asap.

 

Banyak kepulan asap tersebut berasal dari ruangan Fahri Hamzah yang berada di lantai IV. Saat kejadian, Fahri Hamzah sedang tidak beraktifitas diruangan karena sedang berada diluar kantor.

 

Deputi Bidang Administrasi Sekjen DPR Mardian Umar mengklarifikasi bahwa Gedung Nusantara 3 DPR tak mengalami kebakaran.
“Tak ada kebakaran, hanya letupan aerosol, alat tabung pemadam kebakaran yang baru,” kata dia, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta (19/3)

 

Ia mengatakan bahwa asap yang keluar akibat dari bekerjanya alat detektor pencegahan kebakaran yang terpasang di ruangan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah.

 

Alat itu langsung bekerja jika ditemukan adanya dugaan percikan api yang muncul di ruangan tersebut.
“Alat ini berfungsi dengan baik, jadi baru ada letupan dikit aja dia sudah meletus, dan alat yang canggih ini dia meletus menyebabkan keluarnya asap memang,” kata dia.
Mardian mengatakan kejadian ini terungkapnpada pukul 19.20 WIB. Saat itu, alat detektor menyala dan langsung menyebabkan keluarnya kepulan asap yang banyak.

“Jadi jika ada letupan listrik sedikit, itu peka sekali, begitu ada letupan sudah meletus asapnya, apalagi ada api,” pungkasnya.