MA Tegaskan Hakim Artidjo Yang Terbaik Untuk PK Ahok

12
261
Keterangan: Hakim Agung Artidjo Alkostar, metronews

 

Jakarta, NAWACITA-  Peninjau kembali kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang diketuai oleh Hakim Agung Artidjo Alkostar merupakan langkah profesionalitas dan terbaik yang dilakukan oleh Mahkamah Agung.

 

Hakim Agung Artidjo Alkostar merupakan hakim yang mempunyai integritas tinggi terhadap penegakan hukum. Berbagai kasus besar yang ditangani oleh beliau tidak pandang bulu dalam mengambil keputusan.

 

“Kalau kita, catatan tentang Pak Artidjo itu adalah catatan tentang integritasnya itu tidak diragukan lagi. Catatan kemandiriannya dan independensinya juga tidak diragukan lagi. Jadi no problem,” kata Kabiro Humas dan Hukum MA, Abdullah, saat ditemui di kantornya, Senin (19/3).

 

Menurut dia, Artidjo sudah menangani perkara yang jumlahnya hingga ratusan ribu. Ia menambahkan bahwa dalam satu tahun itu, terdapat setidaknya 16 ribu perkara yang ditangani oleh MA.

 

Abdullah meminta masyarakat untuk percaya kepada MA bahwa sidang PK Ahok akan berjalan profesional. Ia menambahkan bahwa majelis hakim yang ditunjuk pun sudah tepat.

 

“Jadi percayalah masyarakat bahwa MA sudah menunjuk hakim yang tepat dan sudah tidak diragukan lagi integritas maupun kompetensinya. Percayalah sepenuhnya kepada MA. Karena nanti kalau semakin tidak percaya, mungkin akan ragu selamanya karena hukum ini untuk mengakhiri. Untuk mengakhiri apa? Di sinilah ada kepastian hukum, kepastian hukum berhentinya sampai di sini, ya upaya hukum. Tapi soal keadilan itu tidak bisa dibatasi sampai kapan, sampai kiamat nanti. Tapi untuk kepastian hukum, ya inilah terminal terakhir,” papar Abdullah.

 

Ia menambahkan bahwa saat ini berkas pengajuan PK sudah berada di tangan majelis hakim. Abdullah menyebut majelis perlu waktu sebelum nantinya vonis dijatuhkan.

 

 

(Red: Hulu, kumparan)

Comments are closed.