Kepala Daerah Siaga, KPK Keluarkan Sprindik Baru

5
132
Ketua KPK Agus Rahardjo.

Jakarta, NAWACITA- Komisi Pemberantasan Korupsi tetap melanjutkan proses hukum bagi kepala daerah yang terlibat korupsi. Imbaun Pemerintah menunda penyelidikan selama Pilkada 2018 tidak digubris oleh KPK.

 

Bahkan Ketua KPK Agus Rahardjo menyampaikan bahwa akan keluar satu surat perintah penyidikan terhadap satu orang calon kepala daerah. Para pimpinan di KPK telah sepakat dan melakukan tandatangan.

 

“Ada sprindik baru. Baru sau yang saya tanda tangani tadi malam,” kata Agus saat ditemui di Gedung Djuanda, Jakarta Pusat, Rabu (14/3).

 

Namun Agus tidak menjelaskan kepala daerah mana yang tertulis di Sprindik. Dia hanya menegaskan bahwa pengumuman tersangka akan dilakukan dalam waktu dekat.

 

“Salah satu ide kita ingin mengumumkan peserta pilkada itu kan supaya rakyat tahu, karena penyelidikannya sudah lama dengan yang bersangkutan dan sudah diekspose di KPK naik untuk jadi tersangka,” kata dia.

 

Ia menambahkan bahwa proses penegakan hukum terhadap para calon kepala daerah itu harus tetap berjalan. Agus menyarankan pemerintah untuk mengeluarkan regulasi soal penggantian calon kepala daerah yang terjerat kasus hukum.

 

“Menurut saya, supaya partai tidak dirugikan, ada baiknya ini saran, apa tidak sebaiknya dilakukan Pak Presiden bisa mengeluarkan semacam Perppu pengganti undang-undang. Jadi bagi calon yang ditersangkakan, partai bisa mengganti, supaya rakyat bisa memilih calon yang terbaik,” ujar dia.

 

 

(Red: Hulu, sumber istimewa)

Comments are closed.