Pilkada 2018 Pemanasan Menuju Pileg dan Pilres 2019

51
219

 

Jakarta, NAWACITA- Penyelenggaraan Pemilihan Kepada Daerah tahun 2018 cenderung dikaitkan dengan Pilpres 2019. Peta kekuatan akan terlihat dari 171 daerah yang serentak tahun ini memilih kepada daerah.

Peta politik bisa cenderung mengarah pada tensi yang memanas. Dari jumlah pemilih, maka lebih dari separuh penduduk Indonesia ikut serta dalam pencoblosan.

“Pilkada 2018 sudah berpotensi pada Pileg dan Pilpres 2019. Itu wajar, karena 171 daerah akan ber-Pilkada ini sudah 68 persen pemilih Pileg dan Pilpres,” ujar Tjahjo dalam sebuah kesempatan rapat kerja di Jakarta, rabu (07/03/2018)

Terlebih kata Tjahjo, Pilkada yang akan diselenggarakan pada  27 Juni 2018 mendatang diikuti oleh daerah yang memiliki populasi penduduk tersebesar. Diantaranya Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Lampung.

Dalam kesempatan itu pula, dia beramsumsi akan Provinsi Jabar yang selalu dikaitkan dengan perolehan suara partai politik. Beberapa tahun terakhir, Jabar selalu menjadi penentu dari kekuatan peta politik baik dalam pileg maupun pilpres.

“Gak tau ada mitos apa ini, di Jabar. Memang paling besar penduduknya ya di Jabar dalam konteks persiapan Pilpres yang akan datang.” tukas Tjahjo.

 

Comments are closed.