Pakta Integritas Bukti Komitmen Petugas Pemasyarakatan

0
221
Foto: IP

Nawacitapost.com – Reaksi cepat dilakukan jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Riau dalam menanggapi kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Palembang beberapa waktu lalu. Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Dewa Putu Gede, langsung menginstruksikan para Kepala Unit Pelaksana Teknis di jajarannya untuk melaksanakan penandatanganan pakta integritas sebagai bentuk komitmen dan kesanggupan untuk patuh terhadap peraturan yang berlaku.

Perintah tersebut langsung dilaksanakan di Lapas Pekanbaru, Senin (7/7). “Sekecil apa pun yang dipungut dari Warga Binaan Pemasyarakatan, itu sudah termasuk pungutan liar (pungli) dan melanggar aturan. Penerima pungli akan ditindak tegas,” ujar Kepala Lapas Pekanbaru, Yulius Sahruzah, dikutip dari Info PAS.

Ia mengajak seluruh jajarannya agar tetap mensyukuri penghasilan yang telah diterima saat ini karena pemerintah sudah sangat memperhatikan penghasilan pegawai Kemenkumham. “Hilangkan budaya konsumtif karena berapa pun penghasilan kita tidak akan pernah cukup apabila budaya konsumtif masih menjadi kebiasaan. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan,” tegas Yulius.

Ada yang unik dalam apel pagi dan penandatanganan pakta integritas di Lapas Pekanbaru. Dalam momen tersebut, seluruh pejabat strukturan dan jajaran lapas mengenakan pakaian adal Sumatera Selatan. (IP)