Tutup Hari Kerja Jelang Lebaran, Ditjen Dukcapil Buka Puasa Bersama

11
241
Foto: Ist

Nawacitapost.com – Ditjen Dukcapil dan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri mengadakan acara buka puasa bersama yang dirangkai dengan Peringatan Nuzulul Qur’an di Aula Gedung E Kompleks Perkantoran Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (21/07/2017).

Mengangkat tema “Dengan Peringatan Nuzulul Qur’an dan Hikmah Ramadhan Kita Wujudkan Pengamalan Nilai-Nilai Al-Qur’an Menuju Aparatur Sipil Negara (ASN) Yang Berkualitas”, kegiatan ini untuk meningkatkan pengamalan nilai-nilai Qur’an dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menjalankan tugas sebagai ASN.

Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, berkesempatan memberikan sambutan dan arahan. “Kita sudah menunaikan 27 hari puasa dan puasa kita tinggal 3 hari lagi. Mari kita habis-habisan ibadahnya, habis-habisan khusuknya, habis habisan berdoanya, dan habis-habisan baca Qur’annya”, ajak Prof. Zudan memulai arahannya.

Semua yang manusia jalani dalam hidup, sambung Prof. Zudan, ada aturan dan caranya dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an baginya adalah petunjuk bagi umat manusia, termasuk petunjuk bagi setiap ASN dalam menjalankan roda pemerintahan.

Menyinggung kondisi terkini yang sedang dihadapi masyarakat dan bangsa Indonesia, Ketua DPN Korpri ini mengaku prihatin. Sebagian masyarakat sedang giat menginginkan berdirinya negara khilafah yang menurutnya tidak ada dasar dan panduannya dalam Al-Qur’an.

“Tidak ada dalam Al-Qur’an yang secara eksplisit mengatakan bahwa negara harus republik, kerajaan, atau khilafah. Tapi petunjuknya itu jelas, baldatun thoibatun warabun qhafur, negeri yang damai, aman, adil, dan makmur, yang diridhai oleh Allah SWT”, sambungnya.

Jadi, lanjutnya, jika ada orang yang intoleran, melakukan kerusakan dan kekerasan, sudah pasti dia bukan Muslim, karena Qur’an mengajarkan Islam itu sebagai rahmatan lil ‘alamin.

Terkait pelayanan administrasi kependudukan, Prof. Zudan mendukung jika ada daerah yang tetap membuka pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat selama liburan Idul Fitri. “Untuk pelayanan di daerah di hari libur kita dukung”, ucapnya.

Menutup arahannya, Dirjen Dukcapil mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh ASN dalam pelaksanaan tugas. “Juga selamat mudik lebaran, selamat Idul Fitri, dan mohon maaf lahir batin. Nanti kita ketemu lagi setelah lebaran dengan motivasi dan semangat baru”, tutup Prof. Zudan.

Buka puasa bersama merupakan tradisi tahunan bagi Ditjen Dukcapil dan Bina Pemdes. Kegiatan yang dihadiri seluruh ASN, PNS maupun non PNS, ini juga mengundang para purna tugas (pensiunan) yang sebelumnya mengabdi di kedua lembaga ini.

Selain diisi dengan ceramah agama, juga diadakan pemberian bingkisan oleh Dirjen Dukcapil kepada Pasukan Keamanan, pengemudi, pramubakti, dan cleaning service. Untuk anak-anak, juga diserahkan santunan anak shaleh oleh Ibu Ninuk Zudan Arif Fakrulloh. (valerian)

 

Comments are closed.