Kemenkumham Jalin Kerja Sama dengan BNP2TKI untuk Lindungi TKI

1
169
Foto: Net

Nawacitapost.com – Kementerian Hukum serta HAM (Kemenkumham) menandatangani kesepakatan kerja sama juga dengan Tubuh Nasional Peletakan serta Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Kerja sama keduanya yaitu untuk perlindungan calon TKI ataupun TKI yang telah kembali pada Indonesia.

“MoU ini adalah sisi dari Kemenkumham untuk menguatkan BNP2TKI yang sampai kini kerja samanya telah dikerjakan. Lewat MoU ini bakal terjawantah ke orang-orang kerja sama juga dengan mungkin saja BP3TKI yang ada di tiap-tiap propinsi, ” tutur Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie di kantor BNP2TKI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2017).

Ronny menerangkan, tehnis pertolongan yang didapatkan dari Kemenkumham yaitu berbentuk pertolongan hukum lewat organisasi yang lolos verifikasi serta akreditasi. Nanti organsisasi itu bakal memberi pertolongan hukum pada calon tenaga kerja atau yang sudah kembali dari luar negeri.

“Organisasi pertolongan hukum yang kontrak dengan kita ini yang telah lulus verivikasi serta akreditasi bakal memberi pertolongan hukum pada calon tenaga kerja kita yang pergi atau sepulangnya dari luar negeri berkaitan dengan aktivitas hukum Litigasi serta non-litigasi, ” terang Ronny.

“Litigasi berarti memberi pendampingan sistem saat ada problem calon tenaga kerja kita punya masalah dengan hukum. Aktivitas ke-2 yaitu non litigasi baik berbentuk penyuluhan hukum, konsultasi hukum serta lainya. Ini pastinya program bagaimana kementerian hukum memperluas jangkauan hukum satu diantaranya adlaah kami bekerja bersama dengan BNP2TKI, ” lanjutnya.

Disamping itu, Ketua BNP2TKI Nusron Wahid menyongsong kerja sama juga dengan Kemenkumham. Dia menerangkan biasanya sesudah perayaan Idul Fitri, saat pada TKI kembali ke Indonesia banyak persoalan yang nampak. Terkecuali memberi pertolongan advokasi pada TKI yang punya masalah, kerja sama saja untuk memberi penyuluhan hukum pada calon TKI. (BN/net)

 

Comments are closed.