Kunjungan Dinas Perikanan Kab. Lebak ke Pondok Asimilasi Rutan Rangkasbitung / Foto: Info PAS

Nawacitapost.com – Menindaklanjuti dukungan kerja sama pembinaan Pondok Asimilasi dibidang budidaya perikanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rangkasbitung, utusan Dinas Perikanan Kabupaten Lebak, Oni, selaku Kepala Sub Bidang Budidaya Perikanan, beserta staf datang meninjau langsung Pondok Asimilasi Rutan Rangkasbitung, Senin (5/6).

Didampingi oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Dede Ukmartalaksana, dan petugas pembina Pondok Asimilasi, mereka menyaksikan langsung seluruh area Pondok Asimilasi, khususnya kolam, yang akan dijadikan lokasi budidaya perikanan.

Menurut Dede, Pondok Asimilasi ini memiliki area yang sangat luas dan sangat representatif apabila menjadi pusat Pondok Asimilasi. “Tidak hanya pertanian dan perkebunan, kami berharap di sini juga ada budidaya perikanan dan peternakan kedepannya. Pengembangan ini akan sangat bermanfaat memberikan life skill bagi WBP dan akan berhasil apabila bisa didukung oleh pemerintah daerah, masyarakat, dan pihak lainnya,” ujarnya, dilansir Info PAS.

Sementara itu, Oni dari Dinas Perikanan Kabupaten Lebak menyampaikan,Pondok Asimilasi Rutan Rangkasbitung merupakan area dan wadah yang representatif untuk dijadikan contoh nyata keberhasilan mengolah lahan tidur menjadi lahan produktif dan mengubah lahan kering menjadi lahan yang subur.

“Menjadikan lahan yang luas ini menjadi hidup, apabila telah banyak menghasilkan produk, adalah sebuah keberhasilan. Sarana dan prasarana yang terbatas tidak menghalangi para pembina untuk terus menyemangati para WBP berkarya. Luar biasa menurut kami. Rasanya kami ingin segera terlibat langsung untuk semakin memberikan ilmu dan menambah khasanah budidaya di sini, utamanya bidang perikanan,” tutur Oni.

Insya Allah tahun ini kami akan memberikan bantuan 7.000 bibit ikan lele beserta pakan ikannya. Selain itu, kami juga akan rutin meninjau perkembangannya dan akan mengagendakan pelatihan budidaya secara lebih khusus bagi WBP,” tambahnya.

Baca juga :  Perayaan Ungkapan Kasih Sayang Terwujud Surprise, Hanya di Mercure Grand Mirama Surabaya

Menanggapi kunjungan tersbeut, petugas pembina Pondok Asimilasi, Julistiyono, menyambut hangat dukungan dan bantuan yang akan diberikan kepada Pondok Asimilasi.

“Kami apresiasi Dinas Perikanan Lebak atas perhatian dan dukungan yang akan diberikan. Semoga bisa menjadi motivasi bagi kami, terutama petugas dan WBP yang mengelola langsung untuk lebih mengembangkan Pondok Asimilasi menjadi lahan yang lebih produktif,” harap pria asal Purwokerto ini. (IP)

 

Comments are closed.