Hari Ini Mendagri Hadiri LHP Kemendagri di BPK

14
247
Foto: Ist

Nawacitapost.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dikabarkan akan hadir dalam acara Penyampaian Hasil Pelaporan (LHP_ kementerian/lembaga untuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Senin (29/5) hari ini.

Sebelumnya pada Mei 2016 lalu, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terkait laporan keuangannya Kemendagri di 2015. Penilaian ini dianggap harus memacu instansi untuk mempertahankan status akuntabelitas dan transparansinya.

“Hadir besok penyampaian LHP atas L/K Kemendagri di BPK,” kata Tjahjo kemarin.

Dalam penyampaian LHP tahun lalu, Tjahjo mengatakan, pihaknya akan terus mendorong laporan keuangan kementeriannya agar terus lebih akuntabel dan transparan. Sebab, pemerintahan yang baik, kata dia tentu mampu mempertanggungjawabkan keuangannya. Apalagi, ini adalah uang dari rakyat.

Selain itu, ia juga meminta pemerintah tingkat provinsi dan kabupaten/kota bisa mengacu pada hasil opini WTP Kemendagri ini. Menurut dia, hampir Rp 700 triliun anggaran dari kementerian dan lembaga digelontorkan ke pemda sehingga perlu upaya mereka agar lebih transparan.

“Dalam musrembang kami juga sampaikan ke daerah untuk evaluasi anggaran, lalu perencanan anggaran, pelaksanaan anggaran dan harus ada pertanggung jawaban anggaran itu sdri,” ujar dia. (rian)

Comments are closed.