Foto: Wikipedia

Nawacitapost.com – Para ilmuwan menguji ekstrak buah stroberi pada sel kanker melalui uji laboratorium. Mereka menguji coba ekstrak stroberi pada tikus betina dengan kanker payudara.

Seperti dilansir express.co.uk, setelah lima minggu mengonsumsi ekstrak stroberi, tikus tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda perkembangan kanker dan tumor telah menyusut.

“Kami melihat penurunan berat dan volume tumor yang signifikan,” ujar Dr Maurizio Battino dari Universitas Politeknik Marche Italia.

Sel kanker yang digunakan dalam percobaan berasal dari strain yang sangat agresif dan invasif.

Penelitian sebelumnya menunjukkan mengonsumsi 10-15 stroberi sehari dapat membuat arteri lebih sehat dan mengurangi kadar kolesterol darah.

Penelitian sel kanker payudara menunjukkan ekstrak stroberi menghambat proses biologis dalam pertumbuhan dan penyebaran tumor.

Aktivitas beberapa gen yang berperan dalam metastasis atau penyebaran kanker berkurang. Pada saat bersamaan, satu gen yang diyakini menekan penyebaran kanker payudara, Htatip2, menjadi lebih aktif.

“Mayoritas penyakit, termasuk kanker, rumit, dan melibatkan interaksi kompleks antara sistem seluler dan molekuler yang menentukan perkembangan penyakit ini,” kata Dr Battino.

“Hasil ini tanpa keraguan dapat digunakan untuk memahami efek potensial stroberi pada kanker payudara dan mekanisme molekuler yang terlibat, namun harus dilengkapi dengan studi klinis dan epidemiologi untuk memverifikasi apakah manusia memiliki efek positif yang sama seperti yang kita amati pada tikus,” jelasnya.

Namun, para peneliti menekankan hasil tes hewan tidak selalu memberfikan efek yang sama pada manusia. Studi ini muncul dalam edisi terbaru jurnal Scientific Reports. (UZ)

 

 

Baca juga :  100 Hours Non-Stop, Podcast Prestasi Kumham Banten Siap Pecahkan Rekor Muri

Comments are closed.