Foto: Ist

Nawacitapost.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, peningkatan ekonomi berpengaruh pada kualitas kesehatan serta pendidikan, mendorong terciptanya lapangan pekerjaan, dan pengurangan angka kemiskinan. Tetapi semua itu harus didukung dengan penyelenggaran tata kelola pemerintahan yang baik.

“Ini juga meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah yang berdampak pada pengurangan angka kemiskinan, meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan, serta mendorong terciptanya lapangan pekerjaan melalui penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik,” kata Tjahjo, di Jakarta, Senin (24/4/2017).

Menurut Tjahjo, selama ini Kemendagri menekankan empat makna pokok. Pertama, pelaksanaan otda harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat.

Kedua, upaya peningkatan kinerja pelayanan publik yang harus berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau electronic government.

Ketiga, ketepatan penyediaan pelayanan publik berbasis electronic government membutuhkan kemampuan dan integritas yang tinggi dari setiap aparatur pemerintah daerah (pemda).

Keempat, peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis electronic government bakal dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan aparatur pemerintah daerah yang bersih.

Terkait upaya mensejahterakan rakyat tadi, rencananya Mendagri Tjahjo Kumolo akan hadir dalam peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-21 yang akan digelar Selasa (25/4/2017) di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo.

Perayaan ini merupakan kali kedua, Pemeritah menyelenggaran HUT Otda di luar Istana Negara, setelah sebelumnya, Kabupaten Kulon Progo DIY menjadi tuan rumah HUT ke-20.

Perayaan tahun ini mengambil tema Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui E-Government. Tujuannya untuk mempercepat kesejahteraan rakyat, peningkatan pelayanan publik dan daya saing daerah. (valerian)

 

Baca juga :  Mudik Sehat, Aman & Nyaman Jadi Target Pemerintah