Indonesia Gencarkan Promosi Perdagangan dan Pariwisata di Afrika Selatan

7
179
Foto: Net

Nawacitapost.com – Perwakilan Indonesia di Afrika Selatan menyelenggarakan kegiatan promosi dengan konsep ‘3 in 1’. Promosi dilakukan secara serentak di bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi untuk mempromosikan Indonesia secara lebih menyeluruh melalui Indonesia Business Forum dan In-Store Promotion.

Kegiatan ini berlangsung di Mossel Bay, sebuah kota pesisir di ujung Selatan negara Afrika Selatan, akhir pekan lalu. Kegiatan yang dihadiri 50 orang dari kalangan pelaku usaha dan pemerintah Kota Mossel Bay tersebut merupakan kegiatan promosi Indonesia pertama di Afrika Selatan dengan konsep ‘3 in 1’.

“Melalui acara ini, kami ingin menyampaikan informasi secara kolaboratif di bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi,” kata Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg Pontas Parsaoran Tobing, beberapa saat lalu.

Business Forum dan In-Store Promotion ini merupakan kerja sama antara ITPC Johannesburg dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Cape Town. Rangkaian kegiatan dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Pretoria, Suprapto Martosetomo dan Executive Mayor Mossel Bay, Harry Levendal.

Menurut Pontas, para undangan sangat kagum pada dekorasi etnik dan pariwisata khas Indonesia yang mewarnai ruang acara. “Kami mempromosikan produk Indonesia secara intensif kepada para perwakilan pengusaha di Kota Mossel Bay Afrika Selatan,” ujaranya.

Pontas juga tanpa henti menyampaikan undangan kepada seluruh pelaku usaha untuk hadir pada Pameran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-32, yang akan dilaksanakan pada 11-15 Oktober 2017 di Jakarta. Sementara itu, dalam sambutannya, Dubes Suprapto memberikan paparan mengenai kemajuan hubungan bilateral Indonesia dan Afrika Selatan serta hal-hal yang menjadi fokus dalam kebijakan perekonomian Indonesia.

Dubes Suprapto juga memaparkan luasnya kesempatan bagi para pelaku bisnis di Afrika Selatan untuk dapat mengakses pasar, produk, peluang investasi, dan pariwisata di Indonesia. Hal ini juga terkait dengan perekonomian Indonesia yang tengah mengalami kemajuan dan juga posisi Indonesia yang kuat di tataran regional.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas komitmen kedua Kepala Negara pada tanggal 8 Maret 2017 di Jakarta, yang sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi,” ujar Dubes Suprapto.

Walikota Mossel Bay yang juga tampil memberikan sambutan menganggap baik inisiatif ini. Afrika Selatan mengakui Indonesia sebagai founding father dan berkontribusi besar di ASEAN. Pemerintah Afrika Selatan, khususnya Kota Mossel Bay, juga terus berupaya meningkatkan kerja sama di berbagai bidang dengan Indonesia, khususnya di sektor pariwisata.

Business Forum kali ini juga memamerkan produk-produk Indonesia yang siap ekspor melalui In-Store Promotion. Upaya ini telah banyak menarik minat para pengusaha dan pejabat kota Mossel Bay yang hadir. Tidak sedikit tamu undangan ingin mengimpor produk-produk yang dipamerkan.

Dalam In-Store Promotion, dipamerkan produk-produk antara lain produk makanan dan minuman kemasan dari PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk., PT. Mayora Indah, Tbk., produk kopi dan sejumlah produk manufaktur seperti sepatu olah raga dan safety shoes, kabel listrik dan produk keramik, serta beberapa produk hasil usaha kecil dan menengah seperti hair extension.

Perdagangan Indonesia ke Afrika Selatan Surplus Neraca perdagangan Indonesia dengan Afrika Selatan periode tahun 2016 tercatat surplus USD 437 juta, meningkat 0,68% dibandingkan periode yang sama tahun 2015 yang hanya tercatat sebesar USD 434 juta.

Nilai ekspor Indonesia ke Afrika Selatan tahun 2016 tercatat sebesar USD 728 juta, meningkat 9,32% dibandingkan tahun 2015 yang hanya tercatat sebesar USD 666 juta. Impor Indonesia dari Afrika Selatan tercatat USD 290 juta pada periode tahun 2016, meningkat 25,6% dibandingkan tahun 2015 yang sebesar USD 230 juta. (rian)

Comments are closed.